Rangkaian Acara Sedekah Bumi Dukuh Roworejo Desa Plosorejo Kunduran Blora

BLORA- Upacara Sedekah Bumi merupakan salah satu upacara adat berupa prosesi seserahan hasil bumi dari masyarakat kepada alam yang dilakukan di bulan apit pada penanggalan Jawa. Upacara ini biasanya ditandai dengan pesta rakyat dan kenduren yang diadakan di tengah jalan desa atau tempat-tempat yang dianggap sakral oleh masyarakat desa. Upacara ini sudah berlangsung turun temurun dari nenek moyang kita, dan berkembang di Pulau Jawa, terutama di wilayah yang kuat akan budaya agraris seperti yang ada pada masyarakat Blora dan sekitarnya, Rabu, 05 Juni 2024.

Melalui tradisi ini warga berharap agar diberi banyak limpahan rezeki dan dijauhkan dari bahaya oleh Allah Yang Maha Kuasa. Sedekah bumi atau apitan juga dilakukan untuk mempererat persaudaraan antar warga. Selain itu sedekah bumi juga bertujuan meneruskan atau melestarikan budaya Jawa. Di desa desa yang ada di Kabupaten Blora, setiap tahunnya biasa mengadakan kegiatan tradisional tersebut dengan macam - macam hiburan ataupun petas seni di malam.

Untuk Dk roworejo desa Plosorejo Kecamatan kunduran kab blora akan diadakan serangkaian acara yaitu tanggal 05 Juni 2024 dimalam hari Dalam pagelaran campursari. 

Bapak kades suwiknyo berserta semua perangkat desa Plosorejo mengucapkan banyak terima kasih dan berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan untuk tahun berikutnya dengan lebih meriah lagi. Ungkapnya

( Red- sunardi )

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html