Petinggi Desa Kecapi Menggelar Serangkaian Acara Sedekah Bumi Sangat Meriah Sekali

JEPARA - Sukambali petinggi Desa Kecapi, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, dalam menggelar serangkaian acara sangat meriah sekali untuk memperingati Sedekah Bumi dan Hari Jadi ke-254 Acara dimulai dengan Manganan pada hari Senin, 20 Mei 2024, di Punden Shima dan Festival Thong Thek di Lapangan Desa Kecapi. 


Puncak acara Kirab Ancak dan Budaya berlangsung pada Selasa, 4 Juni 2024. Kirab dimulai pukul 13.00 WIB dari halaman depan rumah Petinggi Desa Kecapi, Sukambali, menuju Balai Desa Kecapi. Sebanyak 38 kontestan yang terdiri dari warga RT se-Desa Kecapi turut berpartisipasi, 


Kirab dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Petinggi Desa Kecapi Sukambali, anggota DPRD Provinsi Jateng dari Fraksi PDIP Andang Wahyu Triyanto dan Nur Osel Kahisha Putri yang lebih akrab dipanggil Mbak Osel, serta anggota DPRD Kabupaten Jepara dari Dapil I Partai PDIP. Selain itu, perangkat desa, TP PKK, BUMDesa, Karang Taruna, BPD, Banser NU, Babinsa, Bhabinkamtibmas, LPM Desa, DPD MATRA Jepara, tokoh masyarakat (Tomas), serta tokoh agama (Toga) turut hadir memeriahkan acara.


Ribuan peserta mengikuti kegiatan dengan menampilkan berbagai kesenian, ogoh-ogoh, dan ancak gunungan berisikan hasil pertanian. Warga masyarakat tumpah ruah memadati jalan-jalan untuk menyaksikan kemeriahan dan keseruan festival Kirab Ancak Budaya.


Acara berlanjut hingga malam hari dengan pagelaran wayang kulit bertema "Wahyu Ketenteraman" oleh dalang KRT. Ki Hendro Suryo Kartiko, bersama sinden Ayu Vanora, Rara Kiswara, dan Sri Kartini. Acara rencananya akan dilanjutkan dengan pengajian umum pada Jumat malam, 5 Juni 2024, di Balai Desa Kecapi.


Petinggi Desa Kecapi, Sukambali, menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh warga masyarakat yang telah berpartisipasi dan memeriahkan rangkaian acara Sedekah Bumi. “Terimakasih juga kepada para anggota dewan serta bakal calon Bupati yang telah ikut membantu dan mendukung suksesnya acara Kirab Ancak Budaya hari ini, serta berbagai industri yang telah memberikan dukungannya,” ujar Sukambali.

“Semoga pelestarian seni dan budaya melalui Sedekah Bumi yang merupakan tradisi kearifan lokal yang sudah turun temurun dari para sesepuh terdahulu, memberikan manfaat kepada warga masyarakat Desa Kecapi,” pungkasnya

Reporter : Suprapto

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html