3 Perwakilan LBH LSM Gapura Blora Hadiri Diklat Advokasi Mediasi Untuk Umum di Kendal

BLORA- Walau jauh sendiri, 3 orang laki laki perwakilan LBH dan LSM Gapura (gerakan peduli rakyat), datang dan hadiri diklat advokat dan mediasi untuk umum di Kendal.




Mereka yang hadir yaitu Sunardi, Totok Subagio, Bambang Sugiarto.

Melihat situasi dan kondisi masyarakat yang saat ini yang banyak berurusan dengan masalah- masalah hukum, dan membutuhkan pendampingan dari aktivis yang bergerak di bidang bantuan hukum.

Maka LBH - LSM GAPURA (Gerakan Peduli Rakyat) yang di fasilitasi oleh Wakil Bupati Kendal Bapak H. Wisnu Suko Basuki, SH. mengadakan pendidikan dan latihan dasar (diklatsar) advokasi dan mediasi, Sabtu, 22 Juni 2024, di Gedung wanita komplek kantor Bupati Kendal, Jawa Tengah.

Diklat advokasi dan mediasi Gapura dikemas secara menarik dengan gaya familier, diskusi, dialog, tanya jawab, sharing pengalaman dan lain- lain. Sekitar 50 peserta dari berbagai kelompok masyarakat dan aktivis di Kendal Jawa Tengah mengikuti kegiatan tersebut sampai tuntas. 

Acara di buka oleh bapak Kyai Robani menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak Wakil Bupati kendal, peserta diklat dan panitia penyelenggara LBH Gapura, Selamat berdilatsar Advokasi dan mediasi semoga ilmu yang di dapat berguna dan bermanfaat... Amin.

Selanjutnya Para mentor yang berpengalaman dalam bidang advokasi dan mediasi, memberikan materi disertai contoh-contoh kasus dan teknik-teknik advokasi-mediasi yang dapat digunakan oleh para peserta.

H. Rahmat da'wah, MM, mengupas tentang cara praktis mendampingi dan memediasi kasus sosial masyarakat untuk membela hak- haknya dan lain- lain, dengan contoh-contoh sebagaimana yang pernah dilakukannya.


Pemateri lain, Adv. Angga Restiyono, SH Ketua LBH Nusantara yang menyoroti pemaparan tentang pertanahan dan lain - lain dan tatacara rumusan - rumusan pemilikan tanah yaitu dengan: Jual beli, Hibah, waris, dll.

Sementara KH. Sun Djok San yang sering terlibat dalam Mediator yang pendampingan dan pembelaan Rumah tangga di masyarakat, membagikan pengalamannya dalam melakukan advokasi dan mediasi yang sering dijalankan dengan berbagai contoh- contohnya.

Ketua LBH-LSM Gapura Achmad Robani Albar, SH. MH, yang juga seorang kyai dan advokat, selain menyampaikan materi tentang teknik penanganan kasus, mengucap banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dapat terlaksananya acara ini dengan baik, lancar dan mengasyikan dalam menimba dan menambah wawasan keilmuan tentang advokasi dan mediasi.


"Insya Allah karena masih banyak permohonan masyarakat, Kami LBH- LSM GAPURA selanjutnya akan mengadakan acara yang sama di Kudus kord Kyai Tarjono, SH.MH," 

Lanjut Purbalingga kord Sri Maharani, dilanjutkan di Tegal dengan Kordinator bapak Iswoyo, Solo Raya dengan koordinator saudara Ismail Ubait, Blora Kord Bambang, pungkas Kyai Robani.

Sunardi salah satu perwakilan Blora menyampaikan dengan menghadiri acara ini akhirnya bisa bertambah ilmu hukum,dimana yang asalnya kami tidak tau menjadi tau.Ungkapnya.

Sementara itu salah satu peserta diklat, Gus Safri memberikan testimoni tentang diklatsar ini. Merasa sangat senang bisa ikut kegiatan ini, selain dapat ilmu dan tambah teman dan menyenangkan, gratis dan dapat makan minum sepuasnya.

(Bambang)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html