Pj Bupati Kudus Beri Ucapan Selamat Ultah ke-64 Madrasah Ma'rifatul Ulum Mijen Kudus

KUDUS - Dalam rangka memperingati hari lahir (Harlah) Madrasah Nahdlatul Ulama (NU) Ma'rifatul Ulum Mijen Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng) mengadakan berbagai kegiatan.




Moh. Thoriq, S.Pd.I., M.S.I., selaku panitia pelaksana dan sekaligus Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) NU Ma'rifatul Ulum mengatakan, ada beberapa rangkaian acar yang kami selenggarakan mulai dari Do'a rosul hingga karnaval atau pawai Harlah Madrasah NU Ma'rifatul Ulum.


"Dalam rangka HUT Ke-64 Madrasah NU Ma'rifatul Ulum kita menyelenggarakan kegiatan mulai pada hari Kamis, 9 Mei hingga Ahad 19 Mei 2024 ," kata Moh. Thoriq di ruang kantornya, Ahad, 12 Mei 2024 siang. 


Lebih lanjut kepala MTs NU Ma'rifatul Ulum Moh. Thoriq menambahkan bahwa, Pada hari Kamis, 9 Mei 2024 kita ada Do'a Rosul dan Manaqib, pada jam 19.30 WIB, kemudian pada hari Jumat (10/5) Khotmil Qur'an bin Nandhor, dan Bil Ghoib, yang dilaksanakan pada pukul 06.30 WIB, yang dilanjut pada sore harinya ziarah ke makam para Muasis.


Pada hari Sabtu (11/5) ada acara Tasyakuran Harlah ke-64 bersama Pj. Bupati Kudus dan para Masyayikh Kudus, juga Kemenag, Pengawas Madrasah, Kepala Sekolah mulai dari RA, MI, MTs, serta para tokoh agama, yang kami selenggarakan sekira pukul 14.00 WIB.


Kemudian pada hari ini Ahad, 12 Mei 2024 kita adakan Bazar dan temu alumni atau reuni akbar yang kita mulai pada pukul 8.00 hingga pukul 13.00 WIB


Untuk puncak acara adalah Karnaval Harlah yang kami rencanakan besuk pada hari Ahad, 19 Mei 2024 yang kami jadwalkan pada pukul 14.00 WIB, dengan route kita mulai dari Lapangan Desa Mijen dan finish depan MTs. NU Ma'rifatul Ulum.


"Ada 6 kegiatan yang kita laksanakan mulai 9 Mei 2024 hingga puncak acara karnaval atau pawai pada hari Ahad, 19 Mei 2024," imbuhnya.


"Harlah ke-64 HUT MI Ma'rifatul Ulum yang pertama sejak tahun 1960, kemudian pada tanggal 1 Mei 1983 baru berdiri KB, RA, MI 2, MTs, TPQ, dan Madin Ma'rifatul Ulum, dengan jumlah anak didik 1.200," pungkasnya.


Sementara itu, KH Noor Kholis kepala Badan Pelaksana Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah Nahdlatul Ulama (BP3NU) Madrasah Ma'rifatul Ulum Mijen mengucapkan, terima kasih kepada panitia pelaksana kegiatan ini, yang berjalan dengan baik dan sukses.


Dirinya mengakui, bahwa madrasah kita selama ini cukup baik dan maju, oleh karena itu, mari kita pertahankan, dan senantiasa kita jaga mutu dan kwalitas pendidikan Madrasah. Kami mengharap dan selalu berdoa kepada Allah SWT, agar siswa-siswi alumni Madrasah menjadi anak yang Sholeh dan Sholehah Amin.


Dalam rangkaian kegiatan HUT Madrasah Ma'rifatul Ulum kita mulai Pada hari Kamis, 9 Mei 2024 kita ada Do'a Rosul dan Manaqib yang diikuti 70 orang.


Khotmil Qur'an bin Nandhor, yang diikuti 70 guru dan Bil Ghoib yang dikuti oleh dewan guru, sebagian alumni ada 50 orang, kemudian pada sore harinya ziarah ke makam para pendiri madrasah Ma'rifatul Ulum yakni; Kyai Suhaimi, Kyai Bunyamin, dan Mbah Kasmani Madini.


Sedangkan puncak acara adalah Karnaval Harlah yang kami rencanakan besuk pada hari Ahad, 19 Mei 2024 yang kami jadwalkan pada pukul 14.00 WIB, dengan route kita mulai dari Lapangan Desa Mijen kemudian keliling desa diwilayah kecamatan Kaliwungu dan yang terakhir di depan MTs. NU Ma'rifatul Ulum. Dengan peserta 2.000 dari unsur Murid, guru, dan karyawan madrasah NU Ma'rifatul Ulum.


Terpisah, dalam testimoninya Pj. Bupati Kudus Mohammad Hasan Habibie mengucapkan 'Selamat HUT ke 64 Madrasah NU Ma'rifatul Ulum Mijen, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus'.


"Usia 64 merupakan usia yang cukup panjang, tentunya sudah banyak yang telah dilalui dan sudah banyak alumni yang sudah berkiprah di Kabupaten Kudus pada khususnya dan Provinsi Jateng pada umumnya", katanya.


Semoga dengan adanya HUT ke 64 ini, bisa menjadi penyemangat, dari lembaga pendidikan Ma'rifatul ulum untuk terus meningkatkan mutu dari lembaga pendidikan tersebut.

Dengan harapan kedepan kwalitas lembaga pendidikan madrasah tersebut.


Tentunya dengan peningkatan mutu pendidikan tersebut akan mempengaruhi para alumni dalam berkhidmat, berkiprah terhadap lulusan, masing-masing alumni madrasah tersebut untuk memberikan yang terbaik.


Madrasah ini saya kira merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mewakili lembaga NU secara keseluruhan di Kabupaten Kudus, tentunya kami berharap mampu menjaga kearifan lokal yang ada dan mampu memperkuat tradisi dan khasanah NU yang sudah luar biasa, serta mampu menjawab tantangan zaman yang saat ini betul-betul mengalami perubahan yang sangat cepat sekali, tentunya jika hal ini direspon dengan baik, saya Haqul Yakin, Madrasah Ma'rifatul Ulum ini akan mampu berbicara banyak tidak hanya di level Kaliwungu, level Kabupaten Kudus, atau mungkin Jawa Tengah.

"Sekali lagi saya ucapkan selamat ulang tahun madrasah NU Ma'rifatul Ulum yang ke 64 semoga Allah SWT selalu memberkahi langkah kita semua," pungkasnya.

(Luq)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html