Perangkat Desa Puyoh Kudus Lengkap, Kades Ingin Pelayanan Ditingkatkan Dan Jadi Desa Wisata

KUDUS - Calon perangkat desa (Perades) yang lolos seleksi dan mendapatkan nilai tertinggi dalam ujian dengan metode Computer Assisted Test (CAT) pada (14/2/2023) yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjajaran (Unpad) yang sempat berpolemik akhirnya hari ini Desa Puyoh, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus resmi dilantik.




Dalam prosesi pelantikan tersebut dihadiri oleh unsur Forkopincam, Koramil, Ka.Polsek, Perangkat, Desa, BPD, RT, RW, dan tokoh masyarakat, serta pihak keluarga perangkat desa terpilih. Acara digelar Aula Balai Desa setempat. Senin, 1 April 2024.


Kepala Desa (Kades) Desa Puyoh Wahyudi R yang membacakan Surat Keputusan dengan Nomor : 141/6/IV/2024 dan melantik perangkat desa baru mengatakan, bahwa Desa Puyoh hanya melantik satu perangkat desa yakni sekretaris desa yang bernama Sholihati Amalia, S.Pd. M.Pd.


Kami juga mengucapkan syukur dimana selama 10 lebih Desa Puyoh tidak mempunyai sekretaris desa (Sekdes). Jadi selama ini kita tidak mempunyai Sekdes.


"Alhamdulillah akhirnya Desa Puyoh mempunyai sekdes, dimana sejak tahun 2012 atau 2014 tahun yang lalu Desa Puyoh tidak mempunyai Sekdes, acara sumpah jabatan perangkat desa dan pelantikan juga berjalan dengan aman, lancar, dan sukses", katanya.


Lebih lanjut Wahyudi menambahkan, bahwa perangkat desa yang baru dilantik ini bisa menyesuaikan diri. Sebagai abdi negara dan abdi masyarakat harus paham sesuai dengan tugas, pokok, dan fungsi (Tupoksi) yakni melayani masyarakat dengan tulus hati serta amanah.


"Kami yakin Sekdes Desa Puyoh yang baru dilantik akan segera bisa menyesuaikan diri karena latar belakang sebagai Dosen dengan gelarnya S2", imbuhnya.


Setelah formasi perangkat Desa Puyoh yang lengkap, pelayanan masyarakat harus lebih ditingkatkan.


Yang terpenting lagi sesuai dengan progam saya sebagai Kades ingin Desa Puyoh lain dari pada yang lain. Kami bercita-cita desa ini bisa menjadi desa wisata, karena panorama dan keindahan Desa Puyoh ini yang begitu sejuk, asri, nyaman, aman, dan tentram.


"Dalam kurun 5 hingga 10 tahun kedepan orang-orang kota akan betah berlama-lama di Desa Puyoh, karena keindahan dan panorama yang ada disini, ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjadi desa ini menjadi desa wisata yang menarik dan estetik", pungkasnya.


Sementara itu, Camat Dawe Fammy Dwi Arfana, S.STP., dalam sambutannya mengatakan, bahwa Desa Puyoh kedepan harus bisa lebih baik dalam segala hal, baik secara adminstrasi dan kinerja perangkat desa. Mengingat saat ini formasi pengisian perangkat desa sudah lengkap. 


Dirinya juga berpesan kepada perangkat yang baru saja dilantik, agar bisa menyesuaikan diri, dan minta bimbingan, arahan, dari Kades, juga perangkat desa yang ada.


"Perangkat desa yang baru harus minta arahan Kades dan perangkat desa, juga menjalin hubungan komunikasi dengan pengurus RT, RW, dan tokoh masyarakat", ucapnya.


Kami juga berpesan tadi terlambat dalam acara ini, karena ada rapat dengan Polres Kudus lintas sektoral Se-kabupaten Kudus dalam rangka Operasi Ketupat Candi Tahun 2024.


"Kami mohon kerjasamanya baik perangkat desa, RT, RW, tokoh masyakarat dan warga Desa Puyoh menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M, jaga keamanan dan kondusifitas desa, jangan ada yang bermain petasan, malam takbiran fokus takbiran di Desa masing-masing, jangan mengadakan kegiatan takbiran dengan kendaraan mobil ke luar desa atau bahkan ke kota", terangnya.


Pada lebaran tahun 2024 ini, akan diadakan kegiatan kupatan kembali, dimana kemarin pada pandemi tidak kita laksanakan, pada tahun ini akan kita laksanakan pada hari ke tujuh setelah lebaran.


Terpisah, Sholihati Amalia, S.Pd. M.Pd., sekretaris baru dilantik mengungkapkan, syukur pada hari ini akhirnya bisa dilantik, sehingga kami bisa langsung bekerja sesuai dengan tugas kami.


"Kami mohon dukungan dan bimbingan para perangkat desa yang lain agar kami bisa segera menyesuaikan diri, dalam bekerja dengan perangkat desa dan Kepala Desa", ungkapnya.


Sesuai dengan arahan dari Kades Puyoh dan Camat Dawe tadi, memang pada hari ini, saya langsung bekerja dan menyesuaikan diri. 


"Apa yang menjadi Tupoksi saya harus segera mempelajarinya. Ini memang berat tapi ini sudah menjadi pilihan, jadi harus saya kerjakan dengan penuh tanggung jawab", pungkasnya.

(Luq)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html