Dalam Lomba Desa Tingkat Kabupaten Kudus Desa Mijen Layak Maju Tingkat Provinsi Jateng

KUDUS - Desa Mijen yang merupakan perwakilan dari desa-desa yang ada di Kecamatan Kaliwungu dalam lomba desa tingkat Kabupaten Kudus pada tahun 2024. 




Pemerintah Kabupaten Kudus demi untuk memajukan Pemerintah Desa yang lebih aktif, kreatif, dan produktif dalam membuat progam dan pelayanan masyarakat, maka Pemerintah Kabupaten Kudus mengadakan lomba desa tingkat Kabupaten Kudus dan nanti yang terbaik bisa mewakili Kabupaten Kudus ditingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng).


Acara Lomba Desa tingkat Kabupaten Kudus tahun 2024 tersebut berlangsung di halaman dan Aula Balai Desa Mijen sekira pukul 08.00-12.00 WIB. Kamis, 25 April 2024 pagi.


Sambutan Pj Bupati Kudus HM Hasan Chabibie mengatakan, dalam lomba desa tingkat kabupaten Kudus pada tahun 2024 kali ini, yang pertama, ini merupakan langkah awal untuk perbaikan kita bersama dalam mengelola dan menjalankan roda pemerintahan ditngkat desa agar lebih baik dan berdaya guna.


Yang kedua merupakan ikhtiar dan usaha kita sebagai contoh masa depan pemerintah desa yang terbaik, sekaligus sebagai contoh bagi desa yang lain.


"Ini merupakan ikhtiar bagi kita semua untuk menjadikan pemerintah desa dalam hal pelayanan masyakarat desa yang lebih baik dan maju, serta warga desanya bisa lebih sejahtera", katanya.


Dirinya menegaskan, ada tiga hal yang perlu di ketahui oleh pemerintah desa yang pertama adalah pelayanan administrasi yang mudah, punya akses dan data untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat, kedua peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, dan yang ketiga masyarakat yang mapan, baik tingkat ekonomi, pendidikan, dan jaminan keamanan.


"Apabila ketiga hal tersebut mampu dilakukan, maka pemerintah desa tersebut akan berjalan dengan baik, aman, dan lancar", ungkapnya.


Sementara itu, Satria Agus Himawan Camat Kaliwungu dalam sambutan mengatakan, Desa Mijen merupakan salah satu dari 15 Desa yang ada dikecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus Jawa Tengah (Jateng) dengan luas wilayah 233 Km.


Jumlah Penduduk Desa Mijen 11.000 jiwa, ini merupakan jumlah penduduk terbanyak nomor dua setelah Desa Kedungdowo. Desa yang rata-rata penduduknya bekerja sebagai karyawan swasta, guru, PNS, TNI, Polri, pengusaha dan wiraswasta. 


Desa Mijen terletak di Km 5 dari Kota Kudus. Dimana desa ini merupakan arah jalan lingkar Selatan 


"Desa Mijen merupakan salah satu desa yang ada dikecamatan Kaliwungu yang bisa dikatakan sebagai desa urban, dibilang masyakarat kota bukan, dibilang desa nyatanya masyakarat sudah modern", katanya.


Desa Mijen memang berpotensi menjadi Smart Village, dimana sumber daya manusia (SDM) tersebut mendukung pengembangan desa menjadi modern dengan melibatkan aspek digitalisasi kedalam kehidupan masyarakatnya. Mulai dari pelayanan publik, pemenuhan kebutuhan sehari-hari, transaksi perdagangan, transaksi keuangan, dan pendidikan.


Dari mulai tahun 2022 Desa Mijen dapat penghargaan salah satu BUMDes terbaik, pada tahun 2023 dapat penghargaan dari BRILian yang merupakan salah satu percontohan dan sumber inspirasi kemajuan desa-desa yang ada di Indonesia.


"Jadi layaklah jika Desa Mijen perwakilan dari Kecamatan Kaliwungu ini, menjadi pemenang atau juara dalam lomba Desa tingkat Kabupaten Kudus, yang nantinya mewakili Kudus ketingkat Jateng", ungkapnya.


Harso Widodo Plt PMD Kudus mengatakan, ada sebanyak sembilan desa/kelurahan di Kabupaten Kudus mengikuti lomba desa. Pelaksanaan lomba desa dilakukan dari tanggal 22-30 April 2024, dan hari ini merupakan hari ke 4 dalam pelaksanaan lomba Desa tingkat Kabupaten Kudus.


“Setiap hari ada dua desa atau kelurahan yang kami seleksi, dan hari ini merupakan hari ke empat", katanya.


Dirinya menjelaskan, bahwa dalam penilaian lomba desa ini terdapat 18 bidang kriteria yang harus dimiliki peserta lomba desa, dan sampai hari ini nampaknya sudah ada dua desa yang menurut penilaian dari tim penilai sangat baik.


"Kami juga melihat bagaimana respon masyarakat dalam mendukung pemerintah desa dan kelurahan”, jelasnya.


Adapun penilaian kami meliputi bidang; Administrasi, keuangan, kesehatan, kebudayaan, kewilayahan, pemerintahan, kemasyarakatan, olahraga dan lain-lain, meski demikian, bidang yang lain juga kriteria pokok.


Namun ada catatan penting yang harus diperhatikan bagi pemerintah desa atau kelurahan sebagai bahan evaluasi.


"Peserta lomba yang masuk dalam kriteria akan dinyatakan sebagai juara tingkat Kabupaten dan diusulkan lomba desa kembali kejenjang berikutnya yakni lomba desa tingkat Provinsi Jawa Tengah", terangnya.


Dirinya berharap dengan adanya kegiatan ini, bisa membuat pemerintah desa lebih maju, aktif, kreatif dan produktif dalam membuat program pelayanan masyarakat.


“Semoga saja dari tim penilai lomba Desa dengan ketua tim penilai ibu Lilik Ngesti Widiasuryani, Kabid Pemberdayaan Masyarakat pada Dinas PMD yang ada di Desa Mijen, Kecamatan Kaliwungu, yang menarikan Nilai Sangat Baik ini, nanti mampu mewakili Kabupaten Kudus untuk mewakili di tingkat provinsi Jawa Tengah”, tutup Harso.


H. Singgih Wahyu Jatmiko Kepala Desa Mijen mengatakan, kami atas nama pemerintah desa dan atas nama pribadi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak,ibu, saudara semua yang terlibat dalam kegiatan penilaian lomba desa tingkat kabupaten Kudus tahun 2024.


"Terimakasih kami ucapakan kepada semua perangkat desa, jajaran lembaga, BUMDes dan masyarakat Desa Mijen, serta mentor kami Bapak Camat, PMD dan semuanya, tanpa kalian semua kami tidak ada artinya", katanya.


Dalam penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Kudus tahun ini, kami tidak menargetkan yang muluk-muluk, tidak ingin menang tapi setidaknya Desa Mijen Kecamatan Kaliwungu menjadi yang terbaik diantara yang baik di Kudus.


Kami selalu mengupayakan yang terbaik, dengan saling komunikasi dengan berbagai instansi, lembaga dan tokoh masyarakat Desa Mijen, hal ini kami lakukan demi untuk kemajuan Desa Mijen, dan pelayanan masyakarat yang lebih.


"Kami mengupayakan pelayanan masyarakat dalam keseharian di Desa Mijen yang efektif, efesien dan yang terbaik", ujarnya. 


Dirinya mengakui akan keunggulan Desa Mijen saat ini berlahan tapi pasti mulai beralih ke operasional yang meliputi aspek digitalisasi.


"Ini terbukti pada tahun 2023 Desa Mijen terpilih sebagai Desa BRILian, dan BUMDes Mijen 'Sapto Karyo Manunggal' mempunyai 5 unit usaha yang menggunakan aplikasi digital, karena kami turut mensukseskan program digitalisasi desa untuk mempermudah inklusi keuangan dan permodalan untuk kesejahteraan masyarakat desa", pungkasnya.

(Luq)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html