Karena Lilin Rumah Warga Kedungwungu Todanan Ludes Terbakar

BLORA - Kebakaran rumah terjadi di Dukuh Kedungwungu, Desa Kedungwungu, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Minggu (31/03/2024) Malam.


Kabid Damkar Satpol PP Blora, Hariyanto Purnomo, mengatakan kebakaran menimpa rumah milik Mardianto (38).

Menurut Haryanto kebakaran terjadi pada pukul 21.50. Berdasarkan identifikasi di lokasi kejadian, kronologi penyebab kebakaran diduga karena lilin.


"Pemilik rumah waktu itu menyalakan lilin karena listrik sedang padam. Lalu lilinnya menyambar tumpukan kain, terus merembet ke dinding kayu sehingga terbakar, api membesar sehingga sulit dikendalikan," jelasnya kepada media.


Lalu warga melaporkan kejadian kebakaran itu ke pihak pemadam kebakaran Blora.  Sembari menunggu bantuan datang, warga sekitar berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.


"Kami menurunkan satu regu anggota Damkar Karisedenan Ngawen, satu regu anggota Damkar Kabupaten Blora. Sayangnya, karena api terlalu cepat menjalarnya, ketika petugas sampai di lokasi, api sudah padam. Kami bersama warga membantu pendinginan material kayu rumah yang terbakar," jelasnya.


Haryanto mengatakan akibat kejadian ini, kerugian diperkirakan mencapai Rp85.000.000.


"Yang terbakar itu, rumah kayu berukuran 10 meter x 2 meter dengan dinding papan kayu jati. Lalu rumah tembok beratap kayu ukuran 9 meter x 7 meter, dan dapur kandang ukuran 4 meter x 9 meter," terangnya.


Atas kejadian ini, Haryanto mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada saat menyalakan lilin.


"Apabila menyalakan lilin saat listrik mati, diusahakan lilin tersebut ditaruh di tempat yang jauh dari benda-benda yang mudah terbakar dan jangan dibiarkan tanpa diawasi," imbaunya.

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html