Diduga Korsleting Listrik Pasar Belik Pemalang Ludes Dilalap Si Jago Merah

PEMALANG - Pasar tradisional Belik, Desa Belik, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah ludes dilalap si jago merah, kebakaran hebat tersebut terjadi sekira pukul 21.00 WIB. Jumat, 22 Maret 2024.



Kebakaran pasar belik diketahui oleh warga sekitar lokasi kejadian setalah pulang dari sholat tarawih. Dimana api sudah terlihat cukup besar membakar beberapa kios didalam pasar.

Salah satu warga Belik Sholihin (55) mengatakan, peristiwa kebakaran pasar Belik terjadi sekitar kurang lebih pukul 21.00 WIB. Kendati demikian dirinya tidak mengetahui pasti kronologi dan penyebabnya.

"Kebakaran sekitar pukul 21.00 WIB, kronologi dan penyebabnya saya tidak tahu", katanya.

Sementara itu, Kepala regu Unit Pemadam Kebakaran pada Satpol PP Kabupaten Pemalang, Sonhaji mengatakan, pemadaman api awalnya dilakukan oleh tim pemadam kebakaran dari Kabupaten Purbalingga. Pasalnya, lokasi pasar berada di wilayah selatan Pemalang yang berdekatan dengan Kabupaten Purbalingga.

"Seluruh kekuatan unit pemadam kebakaran dari Kabupaten Pemalang sudah dikerahkan. Bahkan unit pemadam kebakaran dari Kabupaten Tegal sudah diterjunkan ke lokasi", katanya.

Mengingat pasar berada pada perbatasan Pemalang dan berdekatan dengan Kabupaten sebelah yaitu Purbalingga maka penanganan lebih dulu dilakukan oleh tim regu dari pemadam Kabupaten Purbalingga.

"Untuk menjinakkan kebakaran di pasar Belik pada kejadian ini, ada tim regu mobil Damkar dari tiga kabupaten yang membantu pemadaman, yakni Kabupaten Pemalang, Kabupaten Purbalingga, dan Kabupaten Tegal", pungkasnya.

Saksi mata yang berada di lokasi kebakaran, Aryo (48) mengatakan, api diduga hasil korsleting listrik dari salah satu kios yang saat itu masih terdapat penghuninya. Namun begitu, api menjalar pada plafon kios dan melahap pada kios yang lain hingga api tidak bisa dikendalikan oleh warga. 

"Saat itu api langsung membesar hingga kedalam pasar dan warga yang melihat langsung membantu memadamkannya tetapi tidak berhasil", katanya.

Lebih lanjut Aryo menambahkan, ada belasan kios yang berderet pada sisi selatan pasar ludes terbakar. Selain itu seluruh lapak yang berada di di dalam pasar juga ikut ludes terbakar.

"Ada sekitar delapan belas kios yang diluar terbakar, dan seluruh lapak pedagang yang mayoritas menjual baju-baju juga habis terbakar", imbuhnya.

(Luq)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html