Akibat Hujan Dengan Intensitas Tinggi, Desa Dorang Kecamatan Nalum Sari Dikepung Banjir

JEPARA- Hujan yang terjadi beberapa hari menyebabkan beberapa sungai meluap. Akibatnya, pada Jumat, 15 Maret 2024 kemarin Desa Dorang kecamatan Nalumsari Jepara mulai dilanda banjir.

BPBD Jepara, Forkopimcam Nalumsari, Pemdes Dorang, dan beberapa relawan sudah mulai mengevakuasi warga dengan menggunakan perahu karet.  Pengungsi sementara menempati lokal SDN Dorang.

Sebagian warga sebelumnya enggan mengungsi karena banjir yang biasa terjadi tidak sampai parah. Namun pada Sabtu 16 Maret 2025, banjir justru semakin naik, dengan ketinggian air mencapai 2 meter.

Sementara jumlah pengungsi sudah mencapai 150 jiwa dan masih terus bertambah karena proses evakuasi masih berlangsung.

Menurut kepala desa Dorang Arief Pratikno, S.H, korban terdampak banjir sekitar 3.150 jiwa.

"Puluhan hektar sawah siap panen juga terendam banjir," ujarnya.

Pemdes bersama Tim relawan membuat posko dan dapur umum yang menyediakan sekitar 5.000 bungkus untuk berbuka dan sahur para pengungsi.

Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, S.I.K., M.PIC., M.Krim. meninjau langsung wilayah yang terdampak banjir. Diapun memerintahkan anggota yang di lapangan agar memberi pelayanan terbaik untuk para korban.

Pj Bupati Edy Supriyantha,  juga menyempatkan ke lokasi banjir. PJ Bupati menghimbau para pengungsi untuk tetap bersabar dan melaksanakan ibadah puasa supaya musibah banjir segera surut.

Untuk bantuan yang sudah sampai di posko berupa beras dari pemda sejumlah 5 ton.

Sementara pihak petugas posko mengatakan, bahwa bantuan yang sangat diperlukan para korban banjir adalah air mineral, mie instan, telur, dan minyak goreng.

Hery

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html