Kades Sambung Kudus Menampik Tudingan Penerimaan Sejumlah Uang Dalam Pelantikan Perangkat Desa

 KUDUS- Kepala Desa desa Sambung, resmi lantik Calon Perangkat Desa (Perades) yang lolos seleksi dan mendapatkan nilai tertinggi dengan metode CAT. Dalam acara pengukuhan dan pelantikan perangkat desa ini digelar di Balai Desa Sambung pada Jumat, 23 Februari 2023.




Disinggung mengenai issue adanya biaya syukuran atau kades minta sejumlah Cuan untuk para perangkat desa, dirinya menjawab dengan tegas, tidak ada biaya sepeserpun.

"Tidak ada perangkat desa yang kami minta sejumlah uang, kalau tidak percaya bisa dicek, ditanya mereka langsung, toh mereka sekarang juga masih di lokasi, semua anggaran kegiatan ini dari APBDes tahun 2024", tegasnya.

Astuti Widyawati Kepala Desa (Kades) Sambung mengatakan, ada lima formasi yang akan dilantik, yaitu Sekretaris Desa (Sekdes) Anggun Hardianasari, Kasi Pelayanan Fahrudin Anas, Kepala Urusan Perencanaan Hadiyanto, Kasi Kesejahteraan Rakyat M. Shilulana Aniqom Ni'am dan Staf Kepala Urusan Keuangan Intan Mahdhiyatun Nisa'.

"Kelima perangkat desa yang kami lantik tersebut telah kami buatkan Surat Keputusan Kepala Desa Sambung Nomor : 400.14.1.1/13/2024 tanggal 12 Februari 2024", katanya.

Tutik panggilan akrab Astuti Widyawati menambahkan, yang menjadi rujukan dan pertimbangan digelarnya pelantikan pada hari ini, karena sebelumnya panitia seleksi (Pansel) di desa tersebut sudah menerima hasil tes dan sudah ditandatangani. Kami dari pemerintah Desa Sambung juga sudah mendapatkan rekomendasi dari Kecamatan Undaan.

"Kami sangat berhati-hati dan menunggu proses yang berjalan, jika sudah sesuai dengan aturan yang berlaku, maka kami segera melantik, sudah sah dan tidak ada masalah, kemudian sudah ada rekomendasi dari Camat, dan sudah koordinasi dengan Dinas PMD Kudus", imbuhnya.

Sementara itu, Camat Undaan Arif Budiyanto dalam sambutannya mengatakan, bahwa Desa Sambung ke depan harus bisa lebih baik dalam segala hal, baik secara adminstrasi dan kinerja perangkat desa. Mengingat saat ini formasi pengisian perangkat desa sudah lengkap. 

Dirinya juga berpesan kepada perangkat yang baru saja dilantik, agar bisa menyesuaikan diri, dan minta bimbingan, arahan, dari Kades, juga perangkat desa yang ada di Desa Sambung.

"Perangkat desa yang baru harus minta arahan Kades dan perangkat desa, juga menjalin hubungan komunikasi dengan pengurus RT, RW, dan tokoh masyarakat", terangnya.

Sementara itu, Anggun Hardianasari Sekretaris Desa Sambung yang baru dilantik mengatakan, dirinya senang sekali atas pengukuhan dan pelantikan perangkat desa pada pagi hari ini.

"Kami para perangkat desa yang terpilih dengan ranking tertinggi sudah menunggu satu tahun momentum ini",

Anggun menambahkan bahwa, untuk proses pelantikan hari ini, kami dikasih tahu oleh Kades hampir satu bulan yang lalu, katanya bulan kemarin Ibu Tutik sudah mendapat rekomendasi dari pak Camat, namun untuk pelantikan dilaksanakan setelah Pemilu.

Dirinya amat sangat bersyukur pada pagi hari ini akhir kami bisa dilantik, sehingga kami bisa langsung bekerja sesuai dengan tugas kami.

"Kami berharap dukungan dan bimbingan para perangkat desa yang lain agar kami bisa segera menyesuaikan diri, dalam bekerja dengan perangkat desa dan Kepala Desa", pungkasnya.

Ditempat terpisah, menurut Hadiyanto Kepala urusan perencanaan Desa Sambung mengungkapkan, perasaan haru, bahagia, dan senang sekali, karena momentum pada pelantikan ini sudah kami nanti-nantikan selama satu tahun. 

Ditanya awak media mengenai biaya syukuran atau bengkoknya dijual untuk kegiatan pelantikan dan untuk Kades, dirinya menjawab dengan lugas dan tegas tidak ada biaya apapun yang kami berikan, untuk kegiatan pelantikan.

"Semua kegiatan ini dibiayai oleh Pemerintah Desa Sambung, kami yang dilantik tidak ada yang dimintai biaya apapun, termasuk biaya syukuran, bengkok kami dijual oleh Kades", tegasnya.

(Luq)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html