Ribuan Knalpot Brong Sitaan Polresta Pati Disulap Jadi Monumen Artistik dan Spektakuler

PATI-  Monumen knalpot di Pati merupakan satu satunya di Jawa Tengah bahkan di Nusantara,  dimana bahan bakunya terbuat dari ribuan knalpot Brong hasil sitaan Polresta Pati.


Sebanyak 4.031 knalpot Brong hasil sitaan Polresta Pati dirangkai dan dijadikan sebuah tugu atau monumen yang sangat artistik dan menawan yang berada di Kota Pati. Berlokasi tepat  di sebelah barat Lapangan Alun Alun Simpang Lima Pati Kabupaten Pati, Jln Tombronegoro, Minggu (14/01/2024).

Bertepatan dengan pelaksanaan Deklarasi Jateng Zero Brong apel itu dilaksanakan, Guna memastikan situasi Kamtibmas yang kondusif dalam rangka Pemilu 2024 apel itu digelar dan dilaksanakan.

Apel tersebut dihadiri oleh Forkompinda Pati, personil Polresta Pati, personel Kodim 0718 Pati, Satpol PP, dan dinas Perhubungan serta perwakilan dari pelajar.

Selain sebagai edukasi untuk masyarakat Pati, Monumen Zero Brong juga bisa dijadikan sarana tempat untuk berfoto ria bagi masyarakat yang melintasi dan bersantai ria di sekitar Alun-alun Pati.


Ini hasil Ide dan gagasan yang cemerlang dari Kapolresta Pati, Kombes Pol Andhika Bayu Adhitama, patut diapresiasi oleh masyarakat Pati, sebagai  wujud dari solusi atas maraknya knalpot brong yang menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat.

Maka semua knalpot Brong hasil sitaan ini dimanfaatkan kembali untuk bisa dirangkai menjadi sebuah monumen knalpot untuk dijadikan sebagai pengingat buat masyarakat akan dampak negatif yang ditimbulkan dari knalpot Brong tersebut.

Knalpot Brong atau yang dimodifikasi untuk menimbulkan suara yang lebih keras menjadi penyebab utama terganggunya lingkungan menjadi tidak nyaman.

Seperti yang disampaikan oleh Kapolresta Pati, knalpot Brong bukan hanya mengganggu kenyamanan masyarakat tapi juga berkontribusi mengganggu kesehatan dan menggangu kualitas hidup secara keseluruhan.

"Dampak negatifnya tidak hanya terbatas pada kenyamanan masyarakat tetapi juga berpotensi merugikan kualitas hidup secara keseluruhan , untuk menjawab tantangan hal ini maka solusi untuk mengurangi polusi dari knalpot Brong ini dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat dan lingkungan," tutur Andhika.

Kapolresta Pati juga berharap bahwa dengan adanya monumen knalpot ini dapat dijadikan pengingat seluruh masyarakat, sekaligus sebagai edukasi akan bahaya dari knalpot Brong tersebut. Masyarakat juga dihimbau agar tidak mempergunakannya lagi.

Monumen Zero Brong ini mampu mendongkrak Kabupaten Pati untuk lebih dikenal di seluruh Jateng juga di seluruh Nusantara, bahwa Pati akan terus berbenah dalam peningkatan di segala bidang, dan terus berinovasi dalam peningkatan sektor ekonomi, pariwisata juga yang lainnya.

(Wina)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html