Opening Ceremoni Perayaan Ke 489 Tahun Ta'sis Masjid Al-Aqsha Menara Kudus

 KUDUS - Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3SK), bakal menggelar rangkaian acara Ta'sis atau ulang tahun ke 489 Masjid Al-Aqsho Menara Kudus Jawa Tengah (Jateng) malam ini resmi dibuka. Kamis, 25 Januari 2024 malam.



Oening Ceremoni perayaan ta'sis pada malam hari ini tampak khusu' dan khidmad dengan lantunan ayat suci Al-Qur'an dan Do'a yang berada di panggung utama Menara Kudus. Acara tersebut dimulai pada pukul 20.00 WIB.

Perayaan Ta'sis Masjid Al-Aqsha Menara Kudus, diharapkan untuk melestarikan budaya yang diwariskan oleh Kangjeng Sunan Kudus salah satu walisanga penyebar Agama Islam di Jawa.

Adapun pembukaan ta'sis ditandai dengan pemukulan gong tiga kali. Selanjutnya ditandai dengan mengambil banyu panguripan di kompleks masjid dan menara Kudus.

Pengurus Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus, Muhamad Fathan dalam sambutannya mengatakan, kami mohon doa restu mulai malam ini kami akan mengawali rangkaian acara peringatan ta'sis yang ke-489 semoga acara demi acara berjalan lancar, selamat penuh dengan berkah.

Lebih lanjut Fathan menambahkan, bahwa perayaan ta'sis atau berdirinya masjid dan menara Kudus mengangkat tema "Merawat Pranatan dan Menjaga Peradaban".

"Perayaan Ta'sis pada tahun ini mengangkat tema "Merawat Pranatan Menjaga Peradaban", Peradaban dan keadaban yang telah diwariskan oleng Kanjeng Sunan Kudus yang penuh kearifan penuh kedamaian, dan penuh tepo seliro, itu semua perlu kita uri-uri dan lestarikan", imbuhnya.


Dirinya berharap agar warga Kudus menjadi masyarakat yang memiliki prinsip Gusjigang "Bagus perilakunya, pintar ngaji, dan pintar berdagang".


"Ini artinya masyarakat Kudus betul-betul bisa menjadi masyarakat gusjigang, bagus perilaku, pintar ngaji dan pintar berdagang," jelasnya.

Kegiatan Ta'sis Masjid Al-Aqsha Menara Kudus akan berlangsung selama sepekan yang dimulai pada tanggal 14-19 Rajab 1445 H yang bertepatan dengan tanggal 25-30 Januari 2024 M.

(Luq)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html