Momen Unik dan Menarik Saat Ganjar Ngopi Bareng Pemuda di Jepara, Disuguhi Puisi Wiji Thukul

JEPARA - Momen unik dan menarik saat Ganjar Pranowo Calon Presiden nomor urut 03 menghadiri acara ngopi bareng anak muda di Taman Kopi Mayong, Jalan Raya Kudus-Jepara KM 22, Bugel, Sawah, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Selasa, 2 Januari 2024 siang.




Satu dari ratusan pemuda yang datang tiba-tiba maju membacakan puisi 'Peringatan' karya Wiji Thukul di hadapan calon Ganjar Pranowo.


"Apabila usul ditolak tanpa ditimbang, suara dibungkam kritik dilarang tanpa alasan, dituduh subversif dan mengganggu keamanan, maka hanya ada satu kata, lawan!" ucap Yoga Pramono atau akrab disapa Jo Carlos diikuti tepukan tangan riuh hadirin termasuk Ganjar.


Begitulah penggalan puisi yang menjadi amunisi rakyat dalam melawan rezim Orde Baru (Orba) saat itu. 


Carlos pun berharap kasus-kasus pelanggaran Hak Azasi Manusia (HAM) bisa segera terungkap. 


"Saya senang Pak Ganjar ngomong soal pelanggaran HAM berat saat debat kemarin, hal itu harus dituntaskan," harap Carlos.


Di akhir penampilannya, Carlos mengajak semua yang ada dalam forum untuk meneriakkan perlawanan. 


"Hitungan ketiga nanti teriak lawan, satu, dua, tiga, lawan!!" serunya disambut teriakan ratusan anak muda.


Ganjar pun menyebut selalu ada ide menarik ketika bertemu dengan anak muda. Dirinya mengaku ketika jadi Gubernur Jateng selama dua periode selalu menyempatkan diri untuk berdiskusi dengan kalangan muda. 


"Ternyata anak muda itu kreatif dan selalu ada hal yang baru, ini menarik", ungkapnya.


Untuk kalangan muda, menurutnya, memang harus mendapat perhatian dari pemerintah. Termasuk di antaranya adalah para difabel. 


"Berilah ruang dan pemerintah harus hadir untuk anak muda, misalnya tadi ada yang, maaf, disabilitas, mereka harus mendapat perhatian. Mulai sarana dan prasarana dan juga pendidikan", pungkasnya.


Sekedar informasi, sebelum kunjungan para pemuda Jepara, Ganjar Pranowo bertemu dengan pengrajin ukir di Blimbing Rejo, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara, sekira pukul 14.15 WIB, kemudian lanjut "Ngopi Bareng Pemuda Jepara" di Taman Kopi.


Kemudian lanjut ke Kabupaten Demak dengan agenda sholat Maghrib dan ziarah ke makam Raden Fattah di Masjid Agung Demak sekira pukul 19.00 WIB.

(Luq)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html