Jokowi Resmikan Ruas Jalan di Blora, Anggarannya Capai Rp 257 Miliar

BLORA- Presiden Joko Widodo meresmikan sejumlah ruas jalan daerah di Blora, Jawa Tengah, dalam kunjungan kerja hari keduanya, Selasa (23/1/2024).

Adapun sejumlah jalan yang diresmikan tersebut, di antaranya jalan Purwodadi Wirosari-Blora, Wulung-Klatak, dan Randublatung-Getas di kabupaten Blora.





Pembangunan dan perbaikan jalan tersebut dibiayai oleh pemerintah pusat sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada siang ini saya resmikan pelaksanaan Inpres jalan ruas Purwodadi-Wirosari-Blora, Wulung-Klatak, dan Randublatung-Getas di Blora semuanya dari anggaran Inpres jalan daerah," kata Jokowi saat meresmikan jalan.

Jokowi mengungkapkan, pemerintah telah menganggarkan Rp 14,6 triliun untuk Inpres jalan daerah di tahun 2023. 

Anggaran tersebut lantas dibagi ke beberapa provinsi. Khusus Provinsi Jawa Tengah, kata Jokowi, mendapatkan Rp 1,36 juta. Adapun Kabupaten Blora mendapatkan anggaran Rp 257 miliar.

"Anggarannya besar sekali. Oleh sebab itu, jalan antara Purwodadi sampai ke Blora tadi, saya sudah lihat dan rasakan sendiri. Jalannya sangat mulus," tutur Jokowi.

Jokowi,mengungkapkan, jalan tersebut sebelumnya bergelombang karena gerakan tanah yang dinamis. Oleh karena itu, dalam perbaikan jalan kali ini, pihaknya menggunakan beton alih-alih aspal.

 "Pembangunan tidak diaspal tapi dibeton, meskipun harganya lebih mahal. Tapi kita pilih beton karena lebih awet dan panjang umurnya," kata Jokowi.

Menurutnya, kini kondisi jalan tersebut telah menjadi sangat mulus. Hal ini sangat berbeda dari pengalamannya bertahun-tahun lalu, di mana biasanya jalan Solo-Purwodadi sampai ke Blora selalu bergelombang karena tanahnya yang dinamis.

(Wawan)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html