Diduga Oknum Kepala SMK PGRI 2 Kudus Buat LPJ Fiktif Dana Afirmasi Pendidikan Menengah

KUDUS - Salah satu program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) merupakan salah satu upaya pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal pemerataan kualitas pendidikan khususnya bagi anak-anak daerah tertinggal, terluar dan terdepan (3T) untuk belajar di sekolah unggul dan pelayanan pendidikan berkualitas.




Adalah merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi sekolah yang kedapatan progam Adem. SMK PGRI 2 Kudus ketempatan anak didik dari Provinsi Irian Jaya (Papua). 


Diketahui biaya hidup dan sekolah mereka terbiayai dari dana Afirmasi Pendidikan Menengah (Adem) yang dikeluarkan oleh Kantor Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan teknologi (Kemendikbudristek) RI.


Berdasar atas investigasi tim media ini, Sabtu (13/01/2024) diduga laporan keuangan pengunaan dana Adem dari bulan Januari, Febuari dan Maret tahun 2022 lalu tidak dibuat oleh pihak sekolah tersebut. Diduga oknum Kepala Sekolah (Kepsek) SMK PGRI 2 Kudus membuat LPJ Fiktif.


Ketika tim awak media ini mencoba mengonfirmasi hal ini pada Kabid Diksus Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Sunarto melalui saluran WhatsApp, mengatakan pihaknya akan mengecek terkait hal itu.


“Kita akan cek ulang atas kebenaran hal tersebut, dan apabila memang terbukti melakukan manipulasi data maka Kepsek SMK PGRI 2 Kudus dipastikan akan diberikan sanksi atas perbuatannya", terang Sunarto melalui telphone WhatsApp.


Lebih lanjut Sunarto menambahkan, bahwa apa yang telah dilakukan oleh Kepsek SMK PGRI Kudus pada intinya bukan di penggunaan uang saja, tapi manipulasi data Adem. Disamping itu juga, apa yang telah diperbuat Kepsek SMK PGRI 2 Kudus tersebut berdampak pada sekolah yang lain di Jawa Tengah.


Sementara itu pihak kepala sekolah SMK PGRI 2 Kudus sudah membuat janji pada tim media ini untuk bertemu, untuk memberikan jawaban atas hal tersebut, namun sayangnya janji itu dibatalkan olehnya, hingga berita ini diturunkan dari pihak Kepsek SMK PGRI 2 Kudus belum juga memberi jawaban.

(Luq)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html