Bertajuk Mapan, Kecamatan Todanan Gelar Berbagai Seni Dalam Menyongsong Pergantian Tahun

BLORA- Dalam rangka pergantian tahun baru 2023 menuju tahun 2024, tanggal 31 Desember 2023, kecamatan Todanan menggelar berbagai macam hiburan. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat di wilayah Kecamatan tersebut tidak kemana-mana, dan cukup menikmati pergantian tahun baru di kampung halaman sendiri, 31/12/23. 




Camat Todanan, Karyono, S.Ip., M.Si, mengatakan bahwa tahun baru kali ini, berbeda dengan tahun baru sebelumnya.

"Baru pertama kali ini diadakan di Kecamatan Todanan, menggelar berbagai hiburan, ada wayang kulit dari Blora, ada hiburan Campursari, dan ada juga pentas seni yang diikuti 10 intansi sekolah SMP/MTS , SMA/SMK Se kecamatan Todanan", ujar Camat Todanan.

1. SMP N 2 Todanan  Budi Arianto, S.Pd.

2.SMK Muhammadiyah , Aris Anafit, S. T

3. SMK Khozinatul Ulum Todanan, Ahmad Syahrir, S. Ag, S.Pd

4. SMP Muhammadiyah 9 Todanan. Wahyu Dwi Atmojo, S.T 

5.sugianto Spd sma muhammadiyah

6. MTs Miftahul Huda Todanan, Lasmijan , S.Pd.I

7. SMP N 1 Todanan Totok Sunarto,S.Pd

8. SMP N 3 Todanan Satu Atap, SUTAR, S.Pd

9. SMP PGRI Todanan Salimah S.Pd.I

10. MTs. Miftahul Ulum Todanan.

Tuturnya.


Sunawai, S.Pd.I selaku......mengucapkan

Semoga dengan ini menjadi trobosan baru iven tahun untuk kemajuan Desa Todanan, Kecamatan Todanan , Kabupaten Blora.Ucapnya 


Ridwan Arif Rosidi, S.Pd    selaku guru seni budaya,SMP N 2 Todanan   mempunyai inpirasi membuat karya untuk Todanan yaitu Nyawiji Todanan Mapan yang menceritakan / gambaran Todanan.

Judul karya Nyawiji Todanan Mapan.( bersatu untuk todanan, sejahtera untuk masyarakat kecamatan todanan yang maju)


Garapan ini mengacu pada ciri khas kota blora yang meliputi: barongan, tayub, kentrung samin , wayang krucil. Garapan penggambaran Kehidupan masyarakat todanan yang sederhana, polos , lugu dan tanggungjawab. Mayoritas petani yang pada saat ini sampai bulan november, desember sulit untuk menanam padi . Dengan sebuah tradisi barongan sebagai tola bala untuk mengusir apa yang tidak diinginkan. Hawa nafsu, duniawi sebagai personifikasi jiwa manusia. Dengan semua itu ana mangsa ketiga, ana mangsa rendeng (jawa) semoga  apa yang diingkan melimpah. Dengan 2023-2024 semoga todanan sejahtera dalam bidang ekomoni, sosial dan apa yang dingin oleh yang memimpin tercapai. Dengan mengadakan berbagai macam hiburan untuk menyenangkan masyarakat Todanan. Komposer& koreografer  menyajikan karya ini disesuaikan peran anak "karena dalam ranah pendidikan. Untuk generasi mencintai budaya sendiri dan berpendidikan berkarakter berbudaya. Iringan dan gerak sederhana mencerminkan masyarakat todanan. 

Iringan dominan mengunakan laras pelog. 

SPENDATO Siap berkarya, SPENDATO tetap jaya.

Selain itu Hera Masr' ian dari SMK Muhammadiyah Todanan membutuhkan ciri, identik untuk Todanan yaitu dengan lagon/tembang Todanan Mapan Pelog Nem yang menggambarkan situasi dan kondisi Todanan.  Semoga dari 2 karya tersebut bisa mengangkat todanan lebih dikenal secara luas. Tutup serta harapan pimpinan sanggar seni Ridwan cs.

(Sunardi)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html