Beberapa Karya SMP N 2 Todanan dan Prestasi dalam Bidang Seni

BLORA- 3 januari 2023, SMP N 2 Todanan adalah sekolah yang terletak di Desa Todanan, Kecamatan Todanan Kabupaten Blora perbatasan kabupaten pati. Dalam waktu tahun 2023, SMP N 2 Todanan menciptakan, membuat karya untuk sekolah tercinta dan mengikuti lomba yaitu

1. Karya Sabar Trokal Samin Surosentiko lomba FlS2N juara 1 tingkat Kabupaten Blora, Musik tradisional 

2. Karya Kauripan 

3. Nyawiji Todanan Mapan




Budi Arianto , S.Pd selaku kepala sekolah sangat bangga dengan karya yang sudah diraih SMP N 2 Todanan sebab itu salah progam sekolah dalam bidang akademi dan non akademik. SMP N 2 Todanan unggul di bidang olah raga khusus voly tahun 2023 SMP N 2 Todanan membuat gebrakan baru dalam bidang seni. 


Ridwan Arif Rosidi, S.Pd dan Yuliasih, S.Pd. guru seni budaya mendorong agar bakat anak muncul melalui lomba dan mengikutkan pentas seni yang ada di Kecamatan, Kabupaten maupun di Provinsi.


Komposer (Penata iringan musik) dan koreografer (penata tari) dalam membuat karya tersebut disesuaikan dengan ranah pendidikan dan mengambil mengangkat potensi kearifan lokal sekitar kabupaten blora. Contoh karya yang pertama Sabar trokal Samin Surosentika (kesabaran samin surosentika dalam mempertahan kabupaten blora dalam penjajahan belanda. Dengan kesabaran samin surosentiko tampa melawan dengan keras akhirnya bisa direbut tetapi akhirnya samin surosentika di asingkan)

Karya kedua Kauripan menggambarkan dalam kesuburan gemah ripah loh jinawe kecamatan todanan masyarakat dalam pertanian.

Karya ke tiga Nyawiji Todanan Garapan ini mengacu pada ciri khas kota blora yang meliputi: barongan, tayub, kentrung samin , wayang krucil. Garapan penggambaran Kehidupan masyarakat todanan yang sederhana, polos , lugu dan tanggungjawab. Mayoritas petani yang pada saat ini sampai bulan november, desember sulit untuk menanam padi . Dengan sebuah tradisi barongan sebagai tola bala untuk mengusir apa yang tidak diinginkan. Hawa nafsu, duniawi sebagai personifikasi jiwa manusia. Dengan semua itu ana mangsa ketiga, ana mangsa rendeng semoga apa yang diingkan melimpah. Dengan 2023-2024 semoga todanan sejahtera dalam bidang ekomoni, sosial dan apa yang dingin oleh yang memimpin tercapai. Dengan mengadakan berbagai macam hiburan untuk menyenangkan masyarakat todanan.

Komposer& koreografer menyajikan karya ini disesuaikan peran anak karena dalam ranah pendidikan. Untuk generasi mencintai budaya sendiri dan berpendidikan berkarakter berbudaya. Iringan dan gerak sederhana mencerminkan masyarakat Todanan. Iringan dominan mengunakan laras pelog. 

SPENDATO siap berkarya, SPENDATO tetap jaya.

Semoga, SMP N 2 Todanan maju dalam bidang akademi dan non akademi kemajuan sekolah tercinta. (Sunardi)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html