525 Pesilat Kudus Ikuti Kejurkab Pencak Silat Tingkat Pelajar Pra Popda 2024

KUDUS - Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) pencak silat tingkat pelajar Kabupaten Kudus, Jawa Tengah yang rencananya diselenggarakan tiga hari (8-10/1/ 2024) dimajukan menjadi dua hari( 8-9/12024).




Kejurkab pencak silat pelajar Kabupaten Kudus diselenggarakan di GOR Bung Karno Kudus pada pagi hingga malam. Mereka berjuang menjadi yang terbaik. Selasa, 9 Januari 2024 malam.


Mas'ud ketua panitia penyelenggara mengatakan, bahwa Kejurkab Pencak Silat Kudus di ikuti sebanyak 525 pesilat asal Kabupaten Kudus. Peserta yang mengikuti Kejurkab sudah memenuhi target dari panitia.


Kejurkab pencak silat antar pelajar ini, bertujuan untuk mendapatkan pesilat terbaik. Terlebih seleksi yang dilakukan se-Kabupaten Kudus dengan jumlah yang peserta yang banyak seperti ini akan lebih bagus, karena kemampuan atlit benar-benar teruji.


Pertandingan tersebut menggunakan tiga matras untuk bertanding. Matras di bagian barat digunakan untuk atlet SD, matras tengah untuk atlet SMA, dan matras paling timur diperuntukkan untuk atlet SMP.


Lebih lanjut Mas'ud menambahkan, bahwa Selama 2 hari pertandingan ini, pertandingan berjalan dengan lancar, namun ada sedikit kendala dihari pertama atap GOR Bung Karno bocor, sehingga pertandingan sempat berhenti selama kurang lebih dua jam.


Kejurkab pencak silat ini mempertandingkan nomor tanding dan nomor seni. Nomor tanding mempertandingkan kelas A hingga J. Sedangkan nomor seni hanya memainkan kategori tunggal, baik untuk SD/MI (usia dini), SMP/MTs (pra remaja), dan SMA/SMK/MA (remaja).


"Kejurkab ini juga sebagai tiket untuk berlaga di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kabupaten Kudus pada akhir bulan Pebruari 2024. Untuk juara 1,2, dan 3 akan mendapat tingkat Popda 2024, ada empat orang yang akan mengikuti Popda makanya juar 3 kita berikan 2 orang", pungkasnya.


Sementara itu, Santoso wakil ketua panitia penyelenggara mengatakan, Kejurkab kali ini di ikuti peserta dari SD/MI sejumlah 151, SMP/MTs 220, dan SMA/SMK/MA 154 jadi jumlah keseluruhan ada 525.


Ada 11 Perguruan yang mengikuti Kejurkab pencak silat pelajar Kabupaten Kudus tahun 2024.


11 Perguruan tersebut adalah; Perguruan bangau ruyung, tapak suci, pagar nusa, garuda nusantara, kera sakti, teratai, pedang mustika, PJMD, cempaka, persinas, teratai putih.


Lebih lanjut Santoso menambahkan, bahwa Kejurkab ini sebagai ajang pembinaan, sehingga ke depannya semakin banyak atlet silat potensial asal Kudus yang terjaring.


Kami ingin mendapatkan atlet-atlit terbaik di tingkat pelajar, sehingga kedepan akan membawa nama atlit pencak silat hingga ke kancah nasional maupun internasional dan akan membawa nama baik kota Kudus.


”Adanya Kejurkab ini potensi atlet dapat terpantau dan bisa dikembangkan", pungkasnya.

(Luq)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html