Peringati Hari Ibu ke 95, Dinas Perdagangan Kudus Adakan Gebyar Pasar Murah

KUDUS - Dalam rangka memperingati Hari Ibu yang ke-95, ratusan pegawai di lingkungan pemkab Kudus menggelar upacara Hari Ibu di halaman Pendopo Kabupaten Kudus. Jumat, 22 Desember 2023 pagi.




Selain upacara, digelar pula gebyar pasar murah yang berupa sembilan bahan pokok (Sembako) yang diselenggarakan oleh Dinas perdagangan Kabupaten Kudus. Dalam gebyar pasar murah dalam hitungan menit langsung ludes diserbu pembeli yang mayoritas adalah para ibu. 


Kegiatan ini diselenggarakan guna untuk mengantisipasi harga sembilan bahan pokok jelang Natal 2023 dan tahun Baru 2024. Pada gebyar pasar murah tersebut, disediakan 800 paket Sembilan bahan pokok.


Menurut warga Wergu Wetan, Kudus Husnul Khatimah mengungkapkan, pasar murah kali ini dinilai sangat membantu terutama menjelang natal dan tahun baru dimana harga harga kebutuhan pokok mulai merangkak naik. 


“Ini beli sembako murah harganya Rp.100 ribu satu paketnya, ada beras, gula, bawang dan kebutuhan dapur, cukup murah sangat menolong ibu-ibu seperti kami, semoga setiap bulan ada seperti ini sangat membantu karena harga-harga mulai naik", ungkapnya.


Pasar murah yang digelar dalam rangkaian hari ibu ini, Pemkab Kudus menyediakan satu paket sembako murah dengan nominal harga barang senilai Rp. 220 ribu namun warga hanya membayar Rp. 100 ribu saja. 


Dalam satu paket sembako tersebut berisi beras, gula, bawang merah, bawang putih, minyak goreng, dan mie instan. 



Pj. Bupati Kudus Bergas C Penanggungan mengungkapkan, bahwa tujuan dilaksanakannya pasar murah tersebut adalah untuk mengontrol harga sembilan bahan pokok dan sebagai upaya pengendalian laju inflasi yang kian merangkak naik, terutama jelang Natal dan tahun baru 2024.


"Ini adalah upaya dari pada pengendalian inflasi, terutama akhir tahun seperti inikan harga harga sembako mulai meningkat", ungkapnya.


Sementara itu Plt.Kepala Dinas perdagangan Andi Imam Santosa mengatakan, dalam kegiatan gebyar pasar murah pada hari ini, sekaligus sebagai peringatan hari ibu karena bertepatan tanggal (22/12/2023).


Kami berharap kalangan perempuan terutama ibu-ibu di Kabupaten Kudus bisa lebih meningkatkan peran sertanya dalam pembangunan. 


"Yang pertama upacara hari ibu, yang diikuti para ibu-ibu pegawai di lingkungan Pemkab serta seluruh organisasi wanita yang ada di kudus, kemudian ada pasar murah yang bekerjasama dengan stakeholder yang ada, ya dengan peringatan hari ibu kali ini diharapkan para wanita khususnya ibu-ibu di kabupaten Kudus bisa meningkatkan peran sertanya dalam pembangunan", katanya.


Gebyar pasar murah dalam rangka untuk mengendalikan harga, pihaknya sudah menggelontorkan beras dari Bulog ke sejumlah pasar.


 "Untuk pengendalian harga kita Sudah menggelontorkan beras dari Bulog tiap minggu ke pasar pasar ada enam pasar besar yang kita gelontorkan beras dari Bulog untuk pengendalian harga", pungkasnya Andi.

(Luq)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html