Pelaku Wisata hingga Pelajar di Kudus Belajar Tour Guide, Tingkatkan Perkembangan Sektor Pariwisata

KUDUS - Demi untuk memajukan dan mengembangkan kota kretek menjadi lebih baik dibidang Budaya dan Pariwisata, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menggelar "Belajar Tour Guide di Museum Kretek" oleh UPTD Museum dan Taman Budaya pada Senin-Rabu, 13-15 November 2023.



Para pelaku wisata hingga pelajar SMK di Kabupaten Kudus mendapatkan bekal pembelajaran dan informasi mengenai kepariwisataan dan budaya yang ada di Kota Kretek. Salah satunya bekal keterampilan tour guide atau pemandu wisata.


Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus, Mutrikah mengatakan, penting memberikan satu pengetahuan agar para pelaku wisata mempunyai kemampuan untuk menjelaskan kepada wisatawan.


"Agar saat ada wisatawan, mereka bisa menerima pemahaman dan penjelasan dengan tepat, jadi punya kesan yang baik saat berkunjung ke Kudus", katanya.


Lebih lanjut Mutrikah menambahkan, dalam kegiatan ini diisi oleh narasumber berpengalaman di bidangnya yakni pemateri yang dapat membawa nama pariwisata Kudus baik ke kancah nasional maupun internasional.


"Karena ini sangat penting, kita juga datangkan pematerinya dari Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) Jawa Tengah dan HPI Kudus yang telah berpengalaman agar para pendengar dapat memahami dengan jelas kegiatan ini", imbuhnya.


Mutrikah menyebut telah menggandeng beberapa stakeholder pariwisata terkait mulai dari desa-desa wisata, kemudian duta parawisata serta para pelau usaha di tempat pariwisata.


Contohnya PKL (Pedagang Kaki Lima) di bawah binaan kita, termasuk juga rekan media kita gandeng, kita coba untuk bagaimana ketika Kudus ini sedang kita kembangkan satu daya tarik wisata ini harus dibarengi dengan SDM yang potensial.


Tika panggilan akrab Hj. Mutrikah menjelaskan, bahwa untuk menjadi kota wisata yang baik, bersih, dan aman, maka harus dibarengi dengan ramah tamah. Jangan sampai ada kesan jerah maupun kecewa telah berkunjung ke Kota Kretek.


"Kita kembangkan produk-produk ekonomi kreatif bagaimana ketika wisata di Kudus itu membawa kesan baik. Melalui konsep something to see, something to do, dan terakhir adalah something to buy sebagai oleh-oleh", jelasnya.


Dirinya berharap melalui kegiatan ini, Kabupaten Kudus memiliki masyarakat yang dapat turut mempromosikan Kota Kretek serta memiliki kemampuan dan pengetahuan mengenai kepariwisataan.


Terlebih, di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah saat ini menyimpan banyak potensi seni, budaya, kuliner, dan pariwisata yang menarik. Sehingga kerap menjadi tujuan wisatawan.


Keberadaan pemandu wisata atau tour guide ini penting. Karena mereka akan bisa menjelaskan memberikan informasi kepada wisatawan tentang daya tarik wisata, atraksi seni, dan potensi lain di Kudus. Perjalanan wisata tentu akan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

(Luq)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html