Ketua DPRD Jepara Bersama Pejabat dan Pimpinan Daerah Hadiri Apel Siaga Pengawasan Kampanye Pemilu 2024

JEPARA - pertapakendeng.com. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jepara, Haizul Ma'arif, memimpin delegasi yang hadir dalam Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024, yang diinisiasi oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jepara. Acara ini berlangsung di Alun-Alun 1, menjadi momentum penting untuk memastikan transparansi dan integritas dalam proses demokrasi.


Tidak hanya Haizul Ma'arif, acara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Penjabat (Pj.) Bupati Jepara Edy Supriyanta, Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Inf Mokhamad Husnur Rofiq, Wakapolres Jepara Kompol Berry, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Jepara Rony Indra mewakili Kajari, Camat se-Kabupaten Jepara, serta pimpinan daerah lainnya. Apel tersebut dipandu oleh Ketua Bawaslu Jepara, Sujiantoko, sebagai pembina acara.



Apel Siaga Pengawasan Kampanye Pemilu 2024, yang berlangsung pada tanggal 27 November 2023, Penjabat (Pj.) Bupati bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan para Ketua Partai Politik turut menandatangani Deklarasi Kampanye Damai.


Deklarasi ini menjadi momen bersejarah, di mana komitmen untuk menjaga keamanan, ketertiban, serta merangkul semangat demokrasi tertuang dalam bentuk kesepakatan bersama. Langkah ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan kampanye yang sehat, bebas dari konflik, dan memberikan ruang yang adil bagi setiap kandidat dan partai politik. Tandatangan deklarasi ini menunjukkan tekad bersama untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang damai dan berintegritas, menjaga martabat demokrasi sebagai aset berharga bangsa.



Dalam apel tersebut, Sujiantoko mengingatkan seluruh peserta apel memiliki tanggungjawab dan kewajiban yang sama untuk memastikan Pemilu 2024 berjalan dengan demokratis berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.



"Sudah banyak tugas menanti menjelang kampanye. Optimalkan pencegahan berdasarkan identifikasi permasalahan dan isu-isu pada kampanye pemilu sebelumnya sebagai mitigasi pengawasan pemilu 2024," kata Sujiantoko.


Ia memerintahkan agar seluruh personil pengawas memetakan segala potensi kerawanan dan meningkatkan koordinasi dengan berbagai stakeholder untuk mengantisipasi tindak pelanggaran selama tahapan kampanye. Sehingga ia berharap dapat meminimalisir gejolak masyarakat dan kondusivitas selama Pemilu 2024 tetap terjaga.



Kehadiran Haizul Ma'arif di acara ini menunjukkan komitmen kuatnya terhadap pengawasan demokrasi serta partisipasinya dalam memastikan jalannya kampanye pemilu yang fair dan berkualitas di tingkat lokal. Apel Siaga ini menjadi platform penting bagi pemangku kepentingan untuk bersinergi menjaga integritas dan transparansi selama tahapan kampanye menuju Pemilu 2024.

(Petrus)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html