Haul ke 25 KH Turaichan Adjhuri Kudus Ajang Silaturrahim dan Temu Alumni Ponpes Darut Taqwa

KUDUS - Haul ke 25 KH Turaichan Adjhuri Asy-Syarofi merupakan momentum untuk silaturrahim dan temu alumni keluarga besar Pondok Pesantren (Ponpes) Darut Taqwa, dimana para alumni tersebar diberbagai Kabupaten/Kota dan Propinsi.



KH. Turaichan Adjhuri Asy-Syarofi atau yang lebih dikenal "Mbah Tur" merupakan tokoh pembaru Indonesia asal Kudus yang ahli di bidang ilmu falak. Ilmu falak hampir sama dengan ilmu astronomi, tetapi hanya mempelajari tiga benda langit, yaitu matahari, bulan, dan bumi dalam konteks kepentingan fikih. 


KH. Turaichan Adjhuri dikenal sebagai guru para ahli falak yang termasyur di Indonesia. Semasa hidupnya, ia pernah dipercayai menjadi Ketua Markas Penanggalan Jawa Tengah. Rabo, 22 Nopember 2023.


KH. Sirril Wafa atas nama keluarga dan panitia pelaksana kegiatan mengatakan, KH. Turaichan Adjhuri Asy-Syarofi wafat pada hari Sabtu Pon tanggal 09 Jumadil Awwal 1420 H jam 09.07 WIB yang bertepatan pada tanggal 20 Agustus 1999 M dan dimakamkan di Komplek Makam Sunan Kudus.


Kami atas nama keluarga dan panitia mengucapkan terima kasih kepada pengurus Yayasan Makam Masjid Menara Kudus (YM3SK) yang telah memberikan sarana dan prasarana demi sukses dan lancarnya acara Do'a bersama dan tahlil umum di komplek makam Sunan Kudus.


Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu demi sukses dan lancarnya kegiatan Haul KH. Turaichan Adjhuri Asy-Syarofi. Semoga amalan tersebut dibalas Allah SWT dengan balasan yang berlipat ganda Amin.


Sementara itu, KH. Rusydi penasehat panitia pelaksana asal Kabupaten Pati mengatakan, kegiatan haul ke 25 di laksanakan dengan rangkaian acara yang dilaksanakan yakni; Khataman Al-Quran bin Nadlor dan Tahlil umum di maqbarah Mbah Tur (kompleks makam Sunan Kudus) yang akan dilaksanakan pada pukul 15.30 WIB atau ba'dal Ashar.


KH. Rusydi yang juga alumni Pondok Pesantren (Ponpes) Darut Taqwa menambahkan, bahwa kegiatan KH. Turaichan Adjhuri Kudus yang ke 25 dijadikan momentum oleh para alumni sebagai ajang silaturrahim dan temu kangen keluarga besar Ponpes Darut Taqwa.


Adapun untuk Rundown Acara Do'a bersama dan tahlil umum adalah ; Pembukaan H. Mc. Fathan, ititah KH. Aniq Nafisah, Do'a Khotmil Qur'an KH. Abdul Basith. Tahlil KH. Yusrul Hana, Sambutan Keluarga dan Panitia Bp. Chirzil Ala, kemudian Mauidhoh Hasanah KH. Fauzi Hasan.


KH. Rusydi yang juga sebagai anggota DPRD Kabupaten Pati dari Fraksi PPP menambahkan, bahwa puncak acara pengajian umum dilangsungkan pada pukul 19.30 WIB atau ba'dal Isya' bersama Dr. KH. Abdul Ghofur Maimoen asal Sarang yang bertempat di Masjid Langgar Dalem, Kota Kudus.


Sementara itu, Dr. KH. Abdul Ghofur Maimoen menyampaikan akan pentingnya ikatan santri dengan para Masyayikh atau kyainya, karena itu dapat memberi manfaat dan barokah bagi para santri dan keluarganya.


Seperti contoh Abu Hurairah salah satu perowi Hadits terbanyak, beliau itu tidak bisa menulis, namun apa yang menjadi pesan dan wasiat Nabi Muhammad SAW selalu dilaksanakan diantaranya ;

1. Puasa 3 hari setiap bulan.

2. Sholat witir sebelum tidur.

3. Beribadah sholat malam pada hari raya idul Fitri dan idul Adlha.


Saya sendiri termasuk murid beliau KH. Turaichan Adjhuri dan KH. Sya'roni Ahmadi, semoga dengan kegiatan haul yang ke 25 ini membawa manfaat dan barokah bagi kita semua Amin. Kemudian acara ditutup dengan Do'a oleh Dr. KH. Abdul Ghofur Maimoen.

(Luq)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html