Bentuk Rasa Syukur: Ketua DPRD Jepara Hadiri Kirab Pahlawan Nasional Ratu Kalinyamat

JEPARA - Masyarakat Jepara patut berbangga. Salah satu tokoh perempuan asal Jepara dinobatkan sebagai pahlawan nasional. Ia adalah Ratu Kalinyamat. Upaya penetapan gelar sebagai pahlawan nasional telah dilakoni sejak lama.


Hari ini, Haizul Ma'arif, Ketua DPRD Jepara, dengan penuh rasa syukur mengikuti acara Kirab Ratu Kalinyamat. Acara tersebut diadakan untuk menghormati dan memperingati kebesaran Ratu Kalinyamat yang baru-baru ini dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional dari Jepara, Senin (13/11/2023).


Kirab dimulai dari Gedangan Welahan dan berakhir di Pendopo Kabupaten Jepara. Seiring perjalanan, Haizul Ma'arif beserta rombongan tidak lupa mampir di Makam Sultan Hadlirin di Mantingan untuk bersama-sama berdoa dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan.


Sore harinya, dijadwalkan adanya pengajian sebagai bentuk kegiatan spiritual dalam rangka merayakan peristiwa bersejarah ini. Acara tersebut diharapkan dapat mempererat tali persaudaraan masyarakat Jepara dan menjaga nilai-nilai kearifan lokal.


Haizul Ma'arif menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya atas keberhasilan acara Kirab Ratu Kalinyamat dan berharap kegiatan semacam ini dapat terus diadakan untuk melestarikan sejarah dan budaya Jepara.


Ketua DPRD Jepara berharap, pengakuan ini akan semakin mengangkat derajat Jepara sebagai tempat bersejarah dan memotivasi generasi muda untuk menghargai warisan leluhur. Acara Kirab ini tidak hanya sebagai bentuk rasa syukur, tetapi juga sebagai wujud komitmen untuk terus melestarikan nilai-nilai budaya dan sejarah yang menjadi bagian dari identitas Jepara.



Penetapan Ratu Kalinyamat dinobatkan Pahlawan Nasional dari Jepara tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 115-TK-TH-2023 tertanggal 6 November 2023 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional yang dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden Laksamana Muda TNI Hersan. Anugerah pun diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta di Istana Negara, Jakarta, pada Jumat (10/11/2023).

(Suprapto)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html