Babinsa dan Warga Karangsari Gotong Royong Bersihkan Sampah di Aliran Sungai

 GROBOGAN- Babinsa Koramil 13/Brati Kodim 0717/Grobogan Sertu Ahmad Hanafi melakukan karya bakti bersama warga desa Karangsari Brati.Senin (27/11/2023).


Dengan cara bergotong royong membersihkan tumpukan sampah di aliran sungai Plintu Desa Karangsari Kecamatan Brati ini diharapkan agar air tidak sampai meluap ke permukaan. 

Kegiatan pembersihan aliran sungai ini melibatkan Babinsa Koramil 13/Brati, dibantu perangkat Desa Karangsari serta beberapa masyarakat desa Karangsari Kecamatan Brati.

Disela kegiatan tersebut, Babinsa Koramil 13 / Brati mengatakan, bahwa kegiatan gotong royong tersebut merupakan budaya bangsa yang perlu dilestarikan.Lebih - lebih memasuki musim penghujan saat ini semua perlu waspada akan bahaya banjir. Sehingga langkah yang tepat salah satunya membersihkan sampah yang ada di sepanjang aliran sungai sehingga aliran air bisa lebih lancar.

“Kegiatan bersih-bersih aliran sungai tersebut untuk mengantisipasi terjadi banjir pada musim penghujan,” Terangnya. 

Ditambahkan nya oleh Babinsa Koramil 013 / Brati bahwa dengan adanya gotong-royong bersama seperti ini dimaksudkan bisa memotivasi masyarakat bisa bekerja sama, mengingat gotong-royong adalah nilai dari kebudayaan dan ciri khas bangsa Indonesia. Dengan semangat gotong-royong menimbulkan kebersamaan, keakraban, rasa persaudaraan serta meningkatkan rasa aman, tentram di lingkungan masyarakat.

Disamping itu, Babinsa 013/ Koramil Brati juga menghimbau dengan gotong royong ini, desa yang berada di sekitar sungai bila mana ada hujan deras mudah - mudahan tidak akan kebanjiran.

Senada dengan Kepala Desa Karangsari Suhartini bahwa budaya gotong royong warga Karangsari sudah melekat dalam kebiasaan sehari - hari. 

Bahkan bila mana ada musibah banjir warga spontan saling bergegas membuat pos bencana dan menutup tanggung yang jebol. 

Kepala Desa Karangsari berharap kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah di sungai, karena tumpukan sampah yang ada di sungai memicu bahaya banjir. 

( Im@m )

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html