Ajang Remaja Kembali di Gelar, Grand Final Apresiasi Duta GenRe Kabupaten Kudus Tahun 2023

KUDUS - Ajang bergengsi anak remaja kembali digelar tahun 2023. Grand final apresiasi Duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Kudus yang sukses digelar di Hotel @Home Kudus. Grand final ini diikuti oleh dua puluh peserta atau sepuluh pasang putra dan putri dari yang telah lolos audisi sebelumnya. Senin, 27 Nopember 2023.




M. Fahrul Riza dari Undip (semester V) dan Imannuella Enjeli dari UMK (semsester V) dinobatkan sebagai juara 1 Duta Generasi Berencana (GenRe) Kudus tahun 2023. 

Af’idatun Nisa’ Panitia dan sekaligus ketua Forum GenRe Kudus Periode : 2021-2023 mengatakan, Duta Genre digelar untuk proses seleksi perwakilan dari Kabupaten Kudus yang akan maju ke tingkat Jawa Tengah.

"Ada 10 pasang (20 peserta) yang masuk finalis hari ini. Sebelumnya ada 210 pendaftar dari bulan Juli lalu, kemudian masuk ke 50 besar, kemudian langsung disaring ke 10 besar yang dilaksanakan hari ini", katanya.

Untuk menuju 10 pasang itu, lanjutnya, persyaratannya yang pertama ada tes wawancara, tes minat bakat, kemudian tes substansi yaitu materi-materi yang ada di GenRe.


Tujuan utamanya agar remaja ini terhindar dari Pernikahan Dini, seks bebas, kenakalan remaja, dan obat-obatan terlarang.


Lebih lanjut AF'idatun Nisya' menambahkan, bahwa PR pentingnya saat ini adalah untuk pencegahan stunting, karena di Kudus lumayan tinggi, jadi kami akan gencar sosialisasi pencegahan stunting, salah satunya dengan cara sosialisasi dari mulai ibunya, jika ibunya tidak sehat atau kekurangan gizi akan terjadi stunting juga ke anaknya, kita akan masuk ke desa-desa lewat ibu PKK.


Adapun jurinya ada Kak Syifa Fatimah dari putri Muslimah, dari Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdokpora), ada kami sendiri dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinsos Kudus, kemudian dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar).


Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinsos Kudus Nasiban mengatakan, Duta GenRe (Generasi Berencana) menjadi ajang pemilihan remaja putra dan putri untuk figur teladan serta motivator di kalangan remaja yang nantinya berperan memberikan wawasan kepada generasi muda tentang kesehatan reproduksi. Selain itu, juga menciptakan remaja yang bebas narkoba, seks bebas, dan HIV/AIDS.


“Program ini merupakan wadah bagi generasi muda untuk mengembangkan karakter bangsa, melalui pengajaran untuk menjauhi pernikahan dini, seks pra-nikah, dan napza. Program ini akan menghasilkan Duta GenRe sebagai figur motivator dari kalangan remaja di setiap regional. Hal ini dilakukan agar sosialisasi kepada remaja jadi lebih bermakna", ujarnya.


Lebih lanjut Nasiban menambahkan, kesuksesan merupakan hasil dari rencana yang baik. “Generasi muda harus mengetahui bagaimana bisa merencanakan hidupnya kedepan. Mereka akan menjadi bonus demografi yang akan menjadi potensi tenaga kerja yang paling banyak. Karena itu harus direncanakan dengan baik dari sekarang.


Harapannya para finalis sebagai perwakilan anak muda Kudus bisa menjadi agen perubahan. Bagaimana anak-anak muda, anak-anak remaja sejak usia dini sudah bisa merencanakan kehidupannya kedepan dan menyampaikan beberapa program pemerintah kabupaten Kudus.


Sementara itu, Syifa Fatimah Juri Putri Muslimah Indonesia tahun 2017 mengatakan, Duta GenRe Kudus 2023 tidak hanya sebagai rol model saja, akan tetapi mampu memberi contoh yang baik dikalangan para remaja dan masyarakat disekitarnya.


Saya berharap, Duta GenRe Kudus juga sebagai agent perubahan yang membawa anak muda, anak-anak remaja sejak usia dini sudah bisa merencanakan kehidupannya ke masa depan yang lebih baik.


Kegembiraan dirasakan oleh Juara 1 Duta GenRe Kudus 2023 M. Fahrul Riza dan Imannuella Enjeli mereka tidak menyangka akan menjadi juara 1 dalam ajang Duta GenRe.


Ditanya tentang kesiapan masuk di ajang GenRe Jawa Tengah besuk bulan Januari 2024. Riza dan Enjeli akan segera mempersiapkan diri dan selalu berkoordinasi untuk mempersiapkan materi, performance, dan segala sesuatunya demi untuk menunjang di ajang GenRe tingkat Jateng.


Kami berharap kepada masyarakat Kabupaten Kudus atas Do'a restu dan dukungannya agar kami bisa memang dalam Duta GenRe tingkat Jateng.

(Luq)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html