Agus Sutisna Apresiasi Gerak Cepat Pemkab Jepara Perbaiki Patung Kartini Yang Patah Karena Usia

JEPARA- Tugu Kartini adalah sebuah patung atau tugu monumen yang dipakai sebagai simbol atau lambang dari kota Jepara.Tugu ini terletak di tengah persimpangan Jalan dengan sebelah Utara Jl. RA. Kartini, sebelah Timur Jl. Pemuda, Selatan Jl. K.S. Tubun, dan sebelah Barat Jl. Cokroaminoto.

https://youtu.be/HsORXiF8zv8?si=vrbSbVw-5DeLz-Ei
Silahkan click ini!

Monumen tersebut diresmikan oleh Bupati Jepara Sudikto Tanggal 21 April 1978, monumen patung Kartini terbuat dari foot plat beton bertulang, namun karena sudah termakan usia yang sudah mencapai 45 tahun pagi hari ini, senin 21 Nopember 2023, lengan kanan yang memegang obor pada patung kartini tersebut patah.   


Pembuatan patung tersebut di buat oleh Matahari Fine Art Associates di bawah komando seniman Waloeyo Hadi dan pada tahun 2016 Waloeyo Hadi telah wafat, dengan meninggalkan 5 puteri. 


Agus Sutisna, ketua Komisi A DPRD Kabupaten Jepara menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Jepara, dalam hal ini Pj. Bupati Jepara yang melalui dinas PUPR Kabuapten Jepara, telah sigap dan gerak cepat menangani kerusakan patung tersebut. 


" pagi ini saya dihubungi Bapak Sunaryo, yang merupakan keluarga dari Alm Bapak Waloeyo sang nahkoda pembuat patung kartini tersebut, dan menyampaikan bahwa pihak keluarga siap membantu memperbaiki kerusakan patung tersebut, karena dari saudara Pak Waloeyo (alm) masih ada dua saudaranya yaitu Utoyo Hadi dan S Handono Hadi adik dari (alm) Bapak Waloeyo yang saat ini tinggal di Medan, yang saat pembuatan patung kartini tersebut ikut membantu pembuatannya". Ungkap Agus Sutisna 


Namun Pj. Bupati Jepara edy Supriyanta menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Jepara melalui dinas PUPR akan segera memperbaiki, dan apabila ada kesulitan dan membutuhkan bantuan dari keluarga (alm) Bapak Waloeyo, maka Pj. Bupati akan menghubungi perwakilan keluarga (alm) Bapak Waloeyo untuk diminta saran dan masukannya. 


" Kita harus beri support dan motivasi serta apresiasi terhadap respon cepat Pemerintah Kabupaten Jepara terkait perbaikan kerusakan patung kartini ini, karena patung tersebut merupakan simbol kota Jepara dan juga semangat emansipasi perempuan bangsa dan negara Indonesia dari penjajahan". Pungkas Agus Sutisna

Report : Dimasvt

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html