Pj. Bupati Jepara Mengukuhkan Tim Kampung Siaga Bencana Giri Sentana

JEPARA - pertapakendeng.com. Pada hari Minggu, 22 Oktober 2023, Pj. Bupati Jepara, Edy Supriyanta, secara resmi mengukuhkan tim Kampung Siaga Bencana (KSB) Giri Sentana di Desa Sowan Kidul, Kecamatan Kedung. Acara pengukuhan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Anggota Komisi VIII DPR RI Abdul Wachid, Penyuluh Sosial Ahli Madya dari Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos RI Siti Faridah, Kasdim 0719/Jepara Mayor Arm. Syarifuddin Widianto, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Jepara Roni Indra, serta perwakilan dari berbagai instansi dan lembaga masyarakat.


Dalam sambutannya, Pj. Bupati Edy Supriyanta menekankan pentingnya kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana. Meskipun bencana sulit diprediksi, dengan adanya kesiapsiagaan dan mitigasi yang tepat, kerugian akibat bencana dapat diminimalkan. Ia juga mengungkapkan bahwa Jepara memiliki risiko bencana yang signifikan berdasarkan Indeks Risiko Bencana Indonesia (IRBI) tahun 2022.


Pengukuhan Desa Sowan Kidul sebagai Kampung Siaga Bencana Giri Sentana merupakan upaya untuk melibatkan masyarakat dalam penanggulangan bencana. Edy Supriyanta berharap bahwa pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh oleh peserta pelatihan dan simulasi akan dapat dibagikan kepada seluruh masyarakat, sehingga jika terjadi bencana, upaya mitigasi dapat dilaksanakan dengan baik.


Anggota Komisi VIII DPR RI, Abdul Wachid, menyatakan bahwa pembentukan KSB Giri Sentana adalah langkah penting dalam persiapan menghadapi bencana alam. Meskipun kita tidak berharap bencana terjadi, adanya tim KSB dapat memberikan langkah-langkah awal penanggulangan yang cepat.


Siti Faridah dari Kemensos RI menekankan bahwa pengukuhan KSB bertujuan untuk menciptakan kesiapsiagaan masyarakat dalam menangani bencana secara dini dan mandiri. Selain pengukuhan, juga dilakukan simulasi bencana untuk melatih tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Jepara dan Tim KSB Giri Sentana bersama masyarakat Desa Sowan Kidul.


Kepala Dinsospermasdes Kabupaten Jepara, Edy Marwoto, melaporkan bahwa kegiatan fasilitas pembentukan KSB Giri Sentana melibatkan 410 orang, termasuk sosialisasi, pelatihan teknis, dan simulasi penanggulangan bencana. Tujuannya adalah meningkatkan kesiapan masyarakat dan meluaskan jangkauan wilayah siaga bencana di Kabupaten Jepara. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, dimulai dari tanggal 20 hingga 22 Oktober 2023 di Desa Sowan Kidul.

(Petrus)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html