Penutupan Festival UMKM 2023 Kaliwungu Kudus, Bukti Pemerintah Peduli Pelaku Usaha Rakyat

KUDUS - Kegiatan yang diselenggarakan Pemerintah Kecamatan Kaliwungu Kudus selama tiga hari Jum'at hingga Ahad yang dimulai pada tanggal 27-29 Oktober 2023. Pada malam ini Ahad, 29 Oktober 2023 adalah malam puncak kegiatan tersebut.




Tampak hadir Kepala Desa Se-kecamatan Kaliwungu, perangkat desa, Forkopincam, Polsek Kaliwungu, Koramil Kaliwungu dan ribuan penonton menyaksikan malam Puncak penutupan Festival UMKM 2023 Kaliwungu Kudus dan Hiburan Rakyat bersama dua group band ternama. Acara berlangsung sukses dan meriah. 


Kegiatan Festival UMKM Kaliwungu dan Hiburan Rakyat bertempat di Lapangan Desa Kedungdowo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus. Minggu, 29 Oktober 2023 malam.


Camat Kaliwungu Satria Agus Himawan dalam sambutan mengatakan, ucapan terima kasih kepada panitia pelaksana kegiatan dan seluruh Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Kaliwungu, juga semua stakeholder yang terlibat dalam kegiatan ini, sehingga dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses.


Menurutnya, Festival UMKM dan Hiburan Rakyat dapat mendorong perekonomian masyarakat, agar dapat meningkatkan pemberdayaan UMKM di seluruh Desa yang ada di wilayah Kecamatan Kaliwungu Kudus, sehingga dapat mengendalikan inflasi yang terjadi.


Selama gelaran festival UMKM Kaliwungu 2023, jika dihitung secara keseluruhan omzet pelaku UMKM naik, selama kegiatan ini berlangsung ada 35-45 juta perputaran belanja disini, ini merupakan sebuah prestasi dalam menggeliatkan ekonomi.


Lebih lanjut Satria menambahkan, melihat antusiasme masyarakat dalam gelaran Kaliwungu Fest 2023, para pelaku UMKM berkeinginan untuk acara ini dijadikan progam tahunan, karena kegiatan ini menjadi ajang promosi produk-produk unggulannya.


Para pelaku usaha UMKM berharap, adanya gelaran seperti ini dilaksanakan dalam waktu yang panjang, tidak hanya tiga hari saja.


Melalui kegiatan ini, kami harapkan dapat menggairahkan kembali perekonomian para pelaku UMKM, dan hal ini merupakan bukti bahwa pemerintah serius dalam membina pelaku usaha di wilayah Kecamatan Kaliwungu Kudus.


Oleh karena itu, kami berharap kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak amat kami sangat kami harapkan, demi untuk lancar dan sukses acara.


Selain itu juga dengan adanya kegiatan seperti ini, secara signifikan mampu meningkatkan kesejahteraan taraf hidup masyarakat para pelaku UMKM, dan sekaligus merupakan ikhtiar bersama dalam mewujudkan kolaborasi UMKM untuk terus melaju menuju Indonesia Maju.


Sementar itu Hasan selaku ketua panitia pelaksana kegiatan Kaliwungu Festival UMKM dan Hiburan Rakyat mengatakan, kegiatan penutupan pada malam hari ini akan menghadirkan dua group Band ternama.


"Untuk memeriahkan acara penutupan malam hari ini kita hadirkan group Band Kidung Entertain dan group Band Vigos", katanya.


Menurutnya rencana penampilan Kedua group band tersebut dimulai pada pukul 19.30-23.00 WIB.


Sementara itu, Erika Isamada Warga Prambatan yang berjualan Dimsun di Stand Pemerintah Desa Prambatan Lor mengatakan, senang sekali dengan adanya kegiatan ini, karena omzet penjualan dihari pertama hingga hari terakhirnya jualan saya lumayan terjual banyak.


"Selama jualan dahngan saya "Laris Manis Tanjung Kimpul" dagangan habis uang terkumpul", katanya.


Ditanya tentang pesan kegiatan seperti ini, dirinya menjawab; saya senang jika kegiatan Festival UMKM Kaliwungu dan Hiburan Rakyat seperti ini diadakan setiap tahun, jika perlu dua kali dalam setahun. Karena kegiatan ini akan meningkatkan taraf hidup masyarakat para pelaku UMKM rumahan seperti saya.

(Luq)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html