Pembumian dan Pembudayaan Pancasila Sebagai Idiologi Bangsa Indonesia Bersama Irjen Pol. Dr. Andri Wibowo, S.I.K., S.H., M.Si

GROBOGAN- Bertempat di Pendopo Kabupaten Grobogan Irjen Pol. Dr. Andri Wibowo, S.I.K., S.H., M.Si selaku staf ahli ideologi dan konstitusi Kemenkopolhukam RI memberikan penjelasan dan kuliah tentang pentingnya membumikan dan membudayakan Pancasila sebagai ideologi bangsa. Jum'at (20/10/2023). 


Andri Wibowo menyampaikan bahwa sila - silakan yang ada di Pancasila harus dipahami oleh masyarakat. 

Dan sila pertama sangatlah tepat sebagai pondasi diri bangsa untuk menuju Indonesia Emas. 

"Kita hidup beragama dan masyarakat harus bisa melaksanakan perintah agama, sehingga sila - sila yang lain bisa terlaksana dengan baik juga", Terang Andri Wibowo yang hari Kamis kemarin sempat diterima oleh Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi, S.H., S.St., Mk

Andri Wibowo juga menekankan bahwa ketika kita taat beragama otomatis kita memiliki moral yang baik juga dalam bermasyarakat, bekerja dan menjalankan amanah apapun. Tegasnya. 

Acara yang diselenggarakan oleh Ormas Gerakan Jalan Lurus (GJL) dihadiri oleh masyarakat Grobogan dan anggota GJL yang tersebar di seluruh kabupaten Grobogan. 

Hadir juga perwakilan dari Forkopimda Grobogan seperti Kapolres Grobogan yang diwakili oleh Wakapolres Grobogan Kompol Gali Admaja. 

Sedangkan Bupati Grobogan diwakilkan Kepala Kesbangpol Drs. Daru Wisakti, M.Si serta beberapa OPD Grobogan lainnya.



Hadir langsung Ketua Umum GJL Riyanta SH bersama jajaran Pengurus GJL baik pusat dan propinsi. 

Dalam sambutannya Riyanta berpesan bahwa Pancasila adalah falsafah hidup yang harus dibumikan di NKRi. 

Dan sebagai insan yang beragama harus punya rasa takut kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

" Tidak ada yang perlu ditakuti dan dicemaskan kecuali Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa serta kedua orang tua kita. Terang Riyanta. 

Riyanta juga mengajak kader dan anggota GJL bisa memberikan contoh yang baik dan berani melaporkan bila mana ada kegiatan pungutan liar atau pungli. 

" Laporkan saja bila mana terjadi praktek - praktek pungli. Kebetulan hadir ditengah kita ketua saber pungli baik pusat dan propinsi " Tegas Riyanta.

Hal sama juga disampaikan oleh Argo Waskito perwakilan BPK Jawa Tengah. 

Pihaknya juga bertugas dalam pengawasan keuangan yang ada di Grobogan. 

Sehingga beliau selalu bersinergi dengan jajaran Inspektorat Grobogan. 

Argo Waskito juga berterima kasih kepada rekan - rekan GJL yang bisa berperan aktif dalam memberikan pengawasan keuangan baik pemerintah daerah ataupun desa. 

Beliau juga berpesan agar setiap membuat laporan hendaklah yang berkualitas. 

Acara pembumian dan pembudayaan Pancasila berjalan dengan baik dan diakhiri dengan ramah tamah serta diskusi bersama. (Imam)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html