Festival UMKM 2023 Kaliwungu Kudus dan Hiburan Rakyat, Apa Kata Dan Tanggapan Warga??

KUDUS - Selama tiga hari Pemerintah Kecamatan Kaliwungu Kudus menggelar berbagi kegiatan mulai dari Senam ibu PKK, Atraksi Baronsai, Musik Band, Wayang Kulit, membuka 30 Stand UMKM dan gelaran yang lainya.




Kegiatan tersebut dalam acara festival Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) 2023 sebagai upaya untuk mengenalkan potensi produk khas wilayah setempat kepada masyarakat. Acara tersebut bertempat di Lapangan Kedungdowo, Desa Kedungdowo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Sabtu, 28 Oktober 2023 malam.


Sebelumnya pada Jum'at (27/10/2023) Camat Kaliwungu Satria Agus Himawan mengatakan, bahwa kegiatan Festival UMKM pada malam ini, merupakan kegiatan yang kali kedua, dimana kegiatan Festival UMKM yang pertama kali kami adakan di tahun 2022 kemarin.


"Ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh pemerintah Kecamatan Kaliwungu", katanya.


Lebih lanjut Satria menambahkan, bahwa Pemerintah Kecamatan Kaliwungu Kudus memberikan perhatian terhadap pertumbuhan UMKM yang saat ini berkembang di wilayah Kecamatan Kaliwungu dan memberikan kontribusi yang besar dalam menggerakkan roda perekonomian. 


"Pemerintah Kecamatan Kaliwungu akan terus berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai stakeholder dalam melakukan berbagai upaya untuk mendorong membangkitkan sektor UMKM, sekaligus guna mewujudkan UMKM yang tangguh dan mandiri", imbuhnya.


Dirinya berharap melalui Festival UMKM ini, para pelaku usaha mampu menggerakkan roda perekonomian di wilayah Kecamatan Kaliwungu pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya, sehingga nantinya produk-produk yang dijual akan dapat menciptakan dan mempunyai pangsa pasar tersendiri.


Jika potensi desa di eksplor dan kita garap dengan serius, maka akan lebih dikenal oleh banyak orang yang mengenalnya. Jika potensi tersebut sudah dikenal banyak orang tentunya akan menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung dan datang ke desa yang ada diwilayah Kecamatan Kaliwungu Kudus.


Selain itu secara signifikan mampu meningkatkan kesejahteraan taraf hidup masyarakat para pelaku UMKM, sekaligus merupakan bagian dari ikhtiar bersama dalam rangka mewujudkan kolaborasi UMKM untuk terus melaju, untuk Indonesia Maju. 


"Perlu diketahui bersama, Festival UMKM ini dilaksanakan mulai tanggal 27-29 Oktober 2023 di lapangan Desa Kedungdowo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus", pungkasnya.


Sementara itu, Erika Isamada warga Prambatan Lor RT 03 RW 01 Prambatan Lor dan Didik warga Prambatan Lor RT 05 RW 02 yang jualan di Stand Pemerintah Desa Prambatan Lor mengatakan, dirinya bersyukur dapat kesempatan untuk berjualan di Stand ini, karena Geratis dan jualan di hari kedua ini cukup lumayan laris dibanding kemarin.


"Penjualan dihari Jum'at (27/10/2023) agak sepi mungkin belum banyak pengunjung yang datang menyaksikan kegiatan ini, namun dihari kedua ini Al-Hamdulillah laris manis", katanya.


Kami berharap kegiatan ini bisa diselenggarakan setiap tahun sekali, karena akan meningkatkan pendapatan masyarakat, dan stand UMKM Geratis.


Tanggapan tersebut juga sama yang dialami oleh Indra Mulyono warga Desa Blimbing Kidul RT 04 RW 02, Dirinya berharap kegiatan ini jadi progam rutin dari pemerintah Kecamatan Kaliwungu Kudus, karena akan meningkatkan peningkatan ekonomi masyarakat khususnya warga di wilayah Kecamatan Kaliwungu.


Kami jualan di Stand Pemerintah Desa Blimbing Kidul tidak dipungut biaya. Alhamdulillah penjualan dihari kedua ini cukup lumayan dibanding dihari pertama kemarin.


Sementara itu, Osa warga Garung Kidul RT 03 RW 01 yang sedang membelikan istrinya "Muri Dimsum" di stand Prambatan Lor mengatakan, harga jualan disini biasa saja murah, dan rasanya juga enak.


Harapan kami kegiatan UMKM dan hiburan rakyat seperti ini, bisa diselenggarakan setiap tahun, karena akan menambah pendapatan masyarakat sekaligus sebagai wahana hiburan rakyat.

(Luq)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html