17 Damkar Diterjunkan Dalam Insiden Kebakaran Pabrik Kertas Terban Kudus

KUDUS - Pabrik PT Pura Nusapersada, yang terletak di Jalan Raya Kudus-Pati Km 12, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Terbakar. Ada belasan mobil pemadam kebakaran (Damkar) diterjunkan di lokasi. Sabtu, 14 Oktober 2023.




Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Kudus, Mundir, mengatakan, kebakaran gudang kertas diketahui pada siang sekira pukul 14.00 WIB, namun, hingga pukul 21.00 WIB kata dia, proses pemadaman api masih berlangsung.


Sebanyak 17 unit kendaraan pemadam kebakaran dari BPBD, Satpol PP, PT Norojono, PT Pura, Pemkab Pati, Garuda Food, PT Sukun dan Polres Kudus pun diterjunkan. 


"Proses pemadam kebakaran hingga pukul 21.00 WIB masih berlangsung", katanya.


Lebih lanjut Mundir menambahkan, bahwa merujuk keterangan saksi, kobaran api disertai kepulan asap kali pertama muncul di salah satu bangunan PT Pura Nusa Persada. Api yang telanjur mengganas selanjutnya menyambar bangunan lainnya hingga sukar dijinakkan. 


Proses pemadaman api cukup terkendala menyusul obyek yang terbakar berupa material kertas hingga faktor angin yang berhembus kencang. 


Kasus kebakaran pabrik kertas PT Pura Nusapersada ini masih dalam proses pemeriksaan kepolisian. Penyebab kebakaran masih didalami.


"Kerugian masih dalam penghitungan pihak terkait dan diperkirakan Rp 2,5 miliar", pungkasnya.


Sementara itu, menurut Kapolsek Jekulo AKP Lukhar mengatakan, kebakaran di pabrik kertas terbesar di Kudus itu dilaporkan terjadi sekira pukul 14.30 WIB hingga malam hari ini api belum bisa dipadamkan. Sedangkan titik api berada di gudang kertas dan bahan limbah.

"Ada belasan mobil damkar dikerahkan termasuk Polres Kudus juga diterjunkan", katanya.

(Luq)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html