Camat Bonang Buka Perkemahan Jambore Hari Pramuka di Lapangan Bola Desa Jatimulyo

DEMAK- – Sebanyak 27 pangkalan Sekolah Dasar (SD), 3 pangkalan Madrasah Ibtidaiyah (MI), 3 pangkalan Sekolah menengah Pertama (SMP), dan 1dari pangkalan Madrasah Tsanawiyah (MTs), mengikuti kegiatan perkemahan jambore penggalang Kwartir Ranting Bonang. Jambore ini digelar dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Pramuka ke-62 dan Peringatan HUT RI yang ke 78. Sabtu, 12/8/2023.


Jambore yang dilaksanakan di lapangan sepak bola desa Jatimulyo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak tersebut, berlangsung selama 3 (tiga) hari sejak tanggal 12 hingga 14 Agustus 2023.


Ketua Panitia Jambore Fatkhul Aziz, mengatakan kegiatan tersebut melibatkan peserta 1.000 anak pramuka penggalang dan 150 pembina dan pendamping dari pangkalan SD/MI/SMP/MTs, se kwaran Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak.


Camat Bonang Sigit Raharjo selaku pembina upacara menyampaikan, "Kami Ucapan selamat Hari Pramuka yang ke-62 tahun 2023. Semoga jiwa gerakan Pramuka tetap semangat selalu produktif inovatif dan kreatif dalam berkarya dan selalu menjadi generasi muda yang terdepan dalam menjaga NKRI,” ucap Camat Bonang mengawali sambutannya.


Dengan mengusung tema ‘Dengan Jambore Ranting Bonang tahun 2023 mari kita wujudkan Pramuka yang berdedikasi dan berpretasi’, dan dengan gerakan Pramuka yang dengan berbagai kegiatan di luar ruangan akan terus memperkuat NKRI, sejak awal Pramuka terus sebagai alat pendidikan bagi generasi muda untuk menjadi perekat NKRI karena itu Pramuka bisa hadir dan diterima oleh masyarakat di semua daerah.


Camat selaku pembina upacara berpesan ” kepada adik- adik Pramuka teruslah berkreasi berkarya dalam wadah gerakan Pramuka, isilah waktu muda kalian dengan kegiatan positif dan produktif menjadi generasi unggul generasi hebat generasi kreatif generasi petarung dan bukan generasi pecundang. Ingatlah selalu lagu Hymne Pramuka bahwa Pramuka adalah manusia Pancasila darma ku baktikan Bakti ku kudarmakan agar Indonesia jadilah patriot bangsa yang tetap kokoh menghayati dan mengamalkan Pancasila menjaga Bhineka Tunggal Ika demi kejayaan NKRI,” pesannya.


"Harapan kami jambore yang ke 62, yang diadakan di lapangan sepak bola desa jatimulyo ini agar sukses tidak ada halangan apapun", tukasnya.


Sementara itu Hastuti sebagai Ketua Mabigus Pangkalan Gudep SD Negeri Jatimulyo 21.12.29.21.11.30 dan sekaligus tuan rumah dalam jombore ini menjelaskan, "Perkemahan pramuka tingkat penggalang ini merupakan agenda tahunan yang bertujuan mempererat silaturahim dan semangat antar siswa dan guru serta memberikan pendidikan mental dan kedisiplinan kepada para siswa, sekaligus media untuk memasyarakatkan gerakan pramuka.


"Selain mengadakan perkemahan, berbagai kegiatan pun digelar pada acara tersebut, diantaranya perlombaan, malam pentas seni, tari tradisional dll",terangnya.


"Dengan adanya perkemahan ini, masyarakat desa Jatimulyo ikut merasakan manfaatnya, terutama dapat menambah pendapatannya. Terlihat, pedagang baru banyak bermunculan dan halaman rumah penduduk dijadikan area parkir, dan juga menyediakan jasa tempat MCK, dan juga semua menu makanan di pasrahkan kepada masyarakat, sehingga warga masyarakat sekitar bisa menambah penghasilannya", tutupnya. (Tarso)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html