Antisipasi Bahaya Banjir BPBD Grobogan Cek Tanggul Yang Rusak dan Jebol

GROBOGAN- Untuk mengantisipasi bahaya bencana alam khususnya banjir, kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Grobogan mengadakan pengecekan beberapa tanggul yang rusak dan jebol.


Salah satu tanggul yang sempat ditinjau adalah tanggul yang berlokasi di Desa Karangsari Kecamatan Brati.Jum'at ( 4/8/2023 ) 

Beberapa pegawai BPBD Grobogan yang didampingi Kepala Desa Karangsari langsung melihat lokasi yang cebol. 

Menurut keterangan Suhartini selaku Kepala Desa Karangsari adanya tanggul yang jebol memang luapan air dari pegunungan Kendeng Utara terlalu kencang. 

Hal tersebut disebabkan rusaknya hutan sehingga tidak mampu menahan derasnya air ketika musim penghujan. 

Pihaknya berharap hadirnya Tim BPBD kabupaten Grobogan bisa membantu untuk merencanakan perbaikan tanggul yang jebol tersebut. 

" Kalau bisa tahun ini sudah ada perbaikan karena tanggul sangat penting untuk mencegah kemungkinan terjadinya banjir. " Terang Kades Karangsari. 

Untuk perbaikan ringan sudah kita upayakan akan tetapi anggaran kita juga terbatas. Jadi tidak mungkin membangun tanggul yang cebol secara keseluruhan. " Imbuh Suhartini. 

Ketika dikonfirmasi dengan Kepala BPBD kabupaten Grobogan Endang Sulistyoningsih ST MT pihaknya membenarkan hal tersebut. 

Kantor BPBD sudah mengadakan pendataan beberapa titik tanggul yang rawan banjir. Yang salah satunya terletak di Desa Karangsari mengingat daerah tersebut memang rawan banjir termasuk Desa Kronggen dan Lemah Putih. 

" Mudah - mudah untuk anggaran perubahan bisa kita realisasi titik titik yang mana perlu penanganan khusus. " Jelas Endang. 

Dan saat ini BPBD juga ekstra kerja keras membantu masyarakat yang kekurangan air. Mengingat Grobogan memang ada beberapa Desa yang musim kemarau sulit mendapatkan air. 

Kepala BPBD juga menghimbau masyarakat agar tidak membakar sampah di sembarang tempat lebih - lebih daerah dekat hutan dan pemukiman padat. 

Mengingat tahun ini kejadian rumah terbakar di Grobogan juga lumayan banyak. 

(Im@m)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html