Ormas GJL dan KPH Perhutani Gundih Adakan Dialog di Balai Desa Bandungharjo Toroh

GROBOGAN- Bertempat di balai desa Bandungharjo kecamatan Toroh Gerakan Jalan Lurus ( GJL) adakan sharing dan dialog bersama jajaran KPH Perhutani Gundih.Kamis ( 6/7/2023 ).


Dalam kegiatan dialog tersebut hadir langsung ketua umum GJL Riyanta SH yang didampingi oleh ketua DPD GJL Imam Suranto dan beberapa pengurus DPD GJL kabupaten Grobogan seperti H. Subroto SH, Puji Daryana, Trenggono dan Drs Untung Usmanto M. Si. 

Sedangkan dari pihak KPH Perhutani Gundih hadir langsung Adm.KPH Perhutani Gundih Khairudin S.Hut dan beberapa Kasi serta Asper KPH Perhutani Gundih.

Kepala desa Bandungharjo Suwadi ST menyambut gembira dengan hadirnya rombongan pengurus GJL dan jajaran KPH Perhutani Gundih. 

Dalam kesempatannya Suwadi selaku Kades Bandungharjo menyampaikan bahwa potensi desanya di samping penghasil jagung, padi dan palawija juga penghasil beberapa hasil hutan 

Menurutnya secara geografis desa Bandungharjo sebelah selatan masuk pegunungan Kendeng Selatan sehingga banyak lahan hutan baik produksi maupun hutan lindung milih KPH Perhutani Gundih. 

Dan juga ada obyek wisata yang bernama Cindelaras.

Yang konon Cindelaras adalah putra Kerajaan Jenggala. 

" Wisata tersebut berada di tengah hutan yang cukup asri dan menarik. 

Dahulu memang sempat ramai dan sering dipakai efen kegiatan baik pemerintah maupun swasta. 

Kondisi sekarang terbelengkai dan perlu perhatian khusus agar bisa puluh dan ramai kembali. " Jelas Suwadi. 

Pihaknya berharap dengan hadirnya GJL akan bisa memberikan sumbang pikir serta kerja sama agar desa Bandungharjo bisa semakin maju. 

Hal sama juga disampaikan oleh Adm KPH Perhutani Gundih Khairudin bahwa pihaknya menyambut baik dan membuka kerja sama dengan GJL untuk ikut serta dalam menjaga kawasan hutan serta ikut bersama mengelola potensi kawasan hutan di wilayah KPH Perhutani Gundih agar bisa mendatangkan nilai ekonomis. 

" Saya berharap kerja sama dengan GJL betul - betul bisa terwujud dengan baik. " Terang Khairudin. 

Akses jalan menuju ke wisata Cindelaras sekarang sudah banyak perubahan dan jalannya sudah bagus. Tinggal sekitar 600 meter yang perlu perbaikan. Imbuhnya. 

Ketua Umum GJL Riyanta SH yang juga anggota DPR RI Komisi 2 akan mengupayakan apa yang menjadi kesepakatan bersama akan diwujudkan. 

" Saya setuju dan mendukung sekali kerja sama GJL dengan KPH Perhutani Gundih termasuk pemerintah Desa Bandungharjo untuk menyelamatkan lingkungan serta konservasi lahan hutan di KPH Perhutani Gundih. 

Kegiatan diakhiri secara bersama - sama melihat kawasan hutan di sekitar wisata Cindelaras dalam rangka memetakan potensi wisata Cindelaras yang memang butuh penanganan dan penataan secara serius. 

(Imam)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html