Cak Kirun Akan Hadir di Desa Jepang Kudus Dalam Peringatan Tahun Baru 1445 H

KUDUS - Pertapakendeng.com., Menyambut tahun baru Islam, 1 Muharram 1445 Hijriyyah, yang bertepatan pada tanggal 19 Juli 2023. Pemerintah Desa Jepang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, akan mengadakan peringatan menyambut Tahun baru Muharram 1445 Hijriyyah.


Gelaran peringatan 1 Muharram 1445 Hijriyyah akan diselenggarakan di Pasar Desa Tokiyo Mejobo (Utara SMP 1 Mejobo Kudus). Senin, 17 Juli 2023.



Indarto Kepala Desa (Kades) Jepang mengatakan, masyarakat mengenal bulan Muharram sebagai bulan yang mengawali tahun baru islam. Bagi warga Desa Jepang bulan Muharram atau Syuro memilik makna tersendiri. Pada bulan tersebut terdapat ritual keagamaan yang sangat dinantikan masyarakat Desa Jepang pada khususnya dan warga Kudus pada umumnya.


"Kegiatan ini amat sangat dinanti dan ditunggu masyarakat Desa Jepang dan sekitarnya, karena selama hampir tiga tahun pandemi Covid tidak ada kegiatan seperti ini", kata Kades.


Menurutnya, salah satu alasan yang melandasi kegiatan pengajian mengambil pembicara KH. Muhammad Syakirun atau yang lebih dikenal dengan Cak Kirun yang terkenal dengan pelawak yang kocak. Hal tersebut sudah kami komunikasikan dengan berbagai pihak terutama para tokoh agama dan tokoh masyarakat.


"Kami dalam melakukan kegiatan yang bersumber dari anggaran pendapatan dana desa (APBDes) selalu kita musyawarahkan dan kami komunikasikan dengan berbagai pihak yang terkait", ujarnya.


Kades Indarto menegaskan, bahwa peringatan malam tahun baru Hijriyyah 1445, Kami dari Pemerintah Desa bersama Pimpinan Ranting Nahdlotul Ulama (PR NU) se-Banom, Karangtaruna, BPD, dan semua lembaga di Desa Jepang, telah sepakat mengadakan kegiatan peringatan Tahun Baru Hijriyyah 1445 Hijriyyah yang dihadiri oleh KH. Muhammad Syakirun atau Cak Kirun dan Cak Slentem.


"Peringatan tahun Hijriyyah mengahadirkan KH. Syakirun Cs sebenarnya sudah terencana pada tahun 2020, karena Pandemi Covid kami tunda, dan baru sekarang di tahun 2023 baru kita selenggarakan", tegasnya.


Menurut rencana besuk Rabo (18/7) sekira pukul 12.00 atau 14.00 WIB KH. Muhammad Syakirun Cs sudah ada di Kudus dan akan menginap di salah satu Hotel di Jalan Tanjung Kudus.


"Besuk siang sudah nyampai di Kudus, beliau juga berencana mau ziarah ke makam wali yang ada di Kota Kretek", ungkapnya.


Hari Rabo, 18 Juli 2023 menurut rencana setelah Maghrib kita laksanakan Do'a bersama awal tahun 1445 Hijriyyah, kemudian dilanjut dengan pengajian. Adapun untuk Do'a akhir tahun kita laksanakan di Mushola dan Masjid yang terdekat di Desa Jepang.


"Dalam pelaksanaan peringatan tahun Baru 1 Muharram 1445 Hijriyyah juga dimeriahkan oleh Gambus El-Misbah Arabic Musik dari Semarang", pungkasnya.

(Luq)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html