Kirab Budaya Desa, Simbol Semangat Gotong Royong Warga Kecapi

JEPARA – Pelaksanaan prosesi Sedekah Bumi desa Kecapi yang masuk Kecamatan Tahunan, dengan menggelar Kirab Ancak bertemakan ”Semangat Gotong-royong Mbangun Desa Kecapi”, digelar dengan sangat meriah. Ribuan warga masyarakat tumpah-ruah mengikuti acara tahunan tersebut, Selasa, 20/0623.

Masyarakat mengarak Hasil bumi yang dibuat menyerupai gunungan, tumpeng dengan berbagai bentuk yang ditandu bersama, kelompok musik tradisional, thongthek, drum band, aneka kostum yang unik dan menarik menambah keramaian dan semangat pesta rakyat tersebut.  Antusias warga meluap-luap hingga melebihi kapasitas halaman Balai Desa Kecapi. 

Turut menyampaikan ritualtersebut antara lain, Nuril Abdillah Camat Tahunan beserta istri dan jajaran unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Tahunan, Agus Sutisna Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Jepara, yang merupakan warga Desa Kecapi hadir sekaligus mewakili Ketua DPRD.  

Dalam sambutannya, Agus Sutisna menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya kepada seluruh masyarakat Desa Kecapi yang begitu antusias, di bawah terik matahari karena kirab dimulai pada jam 13:00 dari kediaman Kepala Desa Kecapi,  hingga halaman Balai Desa Kecapi dan selasai pukul 16.00 WIB. 

“Saya sangat bangga dan mengapresiasi semangat seluruh komponen masyarakat desa Kecapi yang begitu antusias mengikuti kirab ancak, dan ini adalah merupakan simbol gotong-royong yang masih sangat kental dan menjadi budaya warga serta para tokoh yang ada di Desa Kecapi”, papar Agus Sutisna.

Petinggi desa Kecapi Sukambali dalam sambutannya menyampaikan,  “Desa kecapi harus lebih maju dari yang sebelumnya, dan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan atas segala anugrah yang diberikan di desa kita, dan terimakasih untuk warga yang sudah mengikuti kirab Budaya sampai semeriah ini,” ucap Sukambali.

Kemeriahan kegiatan Kirab Ancak ini tidak lepas dari kerja keras Panitia kegiatan dan Koordinator Acara Kirab yang dikomando oleh Karang Taruna Shima Desa Kecapi. Kegiatan Kirab tersebut juga berbarengan dengan Hari Jadi Desa Kecapi yang ke 253, Tim MC handal dari para pemuda Desa Kecapi itu sendiri seperti Kak Ikhlas Gabutgenk, Mas Rudi FishMilenial dan Dimas Vitto sukses membawakan dan memandu kegiatan Kirab Ancak dan Hari Jadi Desa Kecapi menjadi semakin hidup dan berkesan. sehingga harapan terbesar warga kecapi adalah menjadikan Desa Kecapi menjadi Desa yang benar-benar Mumpuni dari segala aspek. 


Dan sebelum acara selesai Ribuan wargapun sudah menyerbu gunung ancak yang berisi buah – buahan dan sayur – sayuran, dan inilah bentuk suka cita warga yang selalu ditunggu setiap tahunnya.

Report : Fitri

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html