Jelang Hari Raya Idul Qurban 1444H Pemerintah Gerak Cepat Bentuk Tim Pengawasan Hewan

GROBOGAN- Mendekati pelaksanaan pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1444 H/ Tahun 2023, pemkab Grobogan melalui Dinas Peternakan dan Perikanan bergerak cepat membentuk Tim Teknis Pemeriksaan dan Pengawasan Hewan Kurban. Tim yang dibentuk sebanyak 38 personil ini terdiri dari 12 dokter hewan. 


Tim yang bertugas terbagi dalam 19 wilayah di Kecamatan Grobogan. 

Tim pemeriksaan kesehatan ternak kurban dilakukan dengan harapan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit menular pada hewan kurban, di antaranya penyakit mulut dan kuku (PMK) dan LSD/Lato-lato.

Pemeriksaan tersebut untuk memastikan hewan kurban yang dijual layak disembelih pada Idul Adha 1444 H/2023.

Tim pengawas juga memberikan edukasi kepada para pedagang dan masyarakat agar tidak menjual hewan kurban yang tidak layak seperti belum cukup umur dan cacat fisik.

Adapun obyek pemantauan ada di Pasar Hewan, RPH, kandang yang ada ditengah masyarakat dan juga masjid-masjid.

Menurut Plt Kadisnakkan Grobogan Pradana Setyawan S. Pt, MT dalam pelaksanaan tugasnya untuk RPH Getasrejo disiapkan 3 tim petugas pemotongan hewan kurban guna melayani kebutuhan masyarakat. " Dari daftar yang masuk sudah ada laporan sebanyak 16 hewan kurban yg akan dipotong." Terang Danis biasa akrab di sapa. 

Minggu lalu juga diadakan pelatihan Petugas Pemotong Hewan Kurban, yang diikuti oleh para Petugas dan Takmir Masjid di Kabupaten Grobogan. Imbuhnya. 

Pihaknya berharap masyarakat tetap nyaman dan tenang karena semua hewan yang sudah direkomendasikan oleh pemerintah layak untuk disembelih dan dikonsumsi. 

 ( Imam)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html