Diskominfo Kabupaten Grobogan Ajak Awak Media Adakan Study Referensi

GROBOGAN- Guna meningkatkan karya jurnalistik dan menambah pengalaman serta kemajuan di bidang jurnalistik, Diskominfo kabupaten Grobogan mengajak beberapa awak media untuk mengikuti study referensi. Kamis ( 22/6/2023 ). 

Beberapa awak media yang bertugas di Grobogan baik media cetak, media online, TV serta radio bersama jajaran kantor Diskominfo Grobogan menuju kabupaten Temanggung. 

Plt Ka diskominfo Grobogan Catur Suhantoro SH, MM tidak bisa mendampingi kegiatan study referensi karena ada tugas lain. Beliau hanya bisa menyarankan agar kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan baik sehingga menambah pengetahuan dan pengalaman untuk bisa diterapkan di Grobogan. 

Dan sangatlah tepat memilih study referensi di kabupaten Temanggung.Pasalnya disamping Temanggung banyak potensi yaitu wisata, pertanian tembakau dan tata kota yang bagus dan ramah lingkungan.Temanggung juga memiliki media center sebagai sarana pusat informasi kemajuan daerah Temanggung. 

LPPL ( Lembaga Penyiaran Publik Lokal) sudah ada disana. eRTe Temanggung FM dan TTV ( Temanggung TV) sudah ada disana. 

Bahkan TTV dengan gedung serta fasilitas siaran yang ada termasuk termegah dan terlengkap di Jawa Tengah. 

Ikut juga dalam kegiatan tersebut Humas Polres Grobogan,Humas Kodim 0717/Grobogan, Bidang Humas DPRD Grobogan serta Bagian Protkompin Setda Grobogan, 

Acara study referensi disambut hangat oleh jajaran Diskominfo kabupaten Temanggung dan langsung di tempatkan di lantai tiga gedung DPMPTSP Temanggung. 

Dalam keterangannya Gotri Wijiyanto Wuriadmojo SSTP, M. Si selaku Kepala Diskominfo Temanggung menyampaikan bahwa Bupati Temanggung memang peduli sekali dengan adanya media center. 

Sehingga kegiatan yang ada di OPD serta kegiatan rutin Bupati bisa segera terekspos. 

" Beliau Bapak Bupati memang pernah jadi wartawan sehingga paham sekali bahwa kemajuan serta informasi yang ada didaerah tidak lepas dari peran media. " Jelas Gotri. 

Pihaknya selalu mengkomunikasikan peran media yang ada di Temanggung agar bisa aktif memajukan Temanggung 

Sebanyak 15 wartawan yang tergabung di Forum Jurnalis Temanggung ( FJT) sengaja direkrut untuk memajukan Temanggung dibidang informasi dan media. 

" Saya tugaskan mereka mengemas informasi kemajuan kabupaten Temanggung seperti tembakau yang sudah mendunia , potensi wisata serta issue dan berita hoax, mereka yang mengkanter dan menjawab ke publik. " Tegasnya. 

Media Center Temanggung sudah mampu melatih serta membuat website OPD yang ada termasuk membuat konten - konten di medsos yang tentunya standar dengan kaidah jurnalistik. 

" Meskipun kita mengelola eRTe Temanggung FM dan Temanggung TV akan tetapi tim kreativitas yang ada juga membuat konten di medsos baik streming, Tiktok , FB dan Instagram sehingga tren informasi juga kita sampaikan disana. " Imbuh Gotri. 

Sedangkan dari Diskominfo Grobogan yang diwakili Sekdin Kominfo Mujahir Fadil menyampaikan bahwa di Grobogan juga banyak potensi baik dibidang wisata dan pertanian 

Termasuk luasan Grobogan yang memang terbentang sangat panjang rangking 2 se Jawa Tengah setelah Cilacap. Hanya saja Cilacap banyak lautan disana. Terang Mujahir. 

Wisata alam bleduk Kuwu, waduk Kedungombo dan Grobogan penyandang pangan nasional juga disampaikan oleh Sekdin Kominfo. 

Diakuinya bahwa keterbatasan anggaran di Diskominfo Grobogan yang menjadi kendala.

Dengan pengalaman Diskominfo Temanggung yang sudah mampu mengelola media center akan menjadikan sebuah referensi untuk diterapkan di Grobogan. 

Acara dilanjut menuju ke kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo untuk melihat keindahan alam di wisata Dieng seperti kawah si kijang dan Batu Pungkruk. 

(Imam)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html