Dengan Sedekah Bumi Lurah Kunduran Berharap Menjadi Berkah Warganya

BLORA- Sedekah bumi Kelurahan Kunduran kecamatan kunduran Blora,melakasanakan acara rutinitas tahunan, sebagai bentuk wujud syukur kepada Allah Swt,yang memberi kehidupan melalui bumi(tanah)dan mata air,, karena telah memberikan hasil bumi dan tempat tinggal yang nyaman dan damai.


"Saya harap, Semoga dengan sedekah bumi ini kami bersama warga Kunduran diberikan kesehatan, keselamatan, murah rezeki,serta menjadi berkah buat warganya,serta murah sandang pangan." doa dari Lurah Kunduran Dwi Erwanto SE., Saat dikonfirmasi Media melalui (WhatsApp), Kamis(29/62023).

Murutnya,dari panitia pengurus acara sedekah bumi ,Wawan saat di konfirmasi juga hal yang sama,dia mengatakan tradisi ini memang turun-temurun titipan dari nenek moyang kita,yang harus dijaga di pelihara dan di lestarikan.

" Dengan adanya kesenian ketoprak ini mewujudkan kita orang jawa ikut melestarikan uri uri budaya jawi,dilokasi kunden Ngasem gede, memang sudah ada dari sejak dulu. Kita hanya meneruskan dan melestarikan agar selalu terjaga dan tidak tertelan oleh zaman." Kata wawan .

Disinggung ,mengenai kemungkinan hal yang tidak di duga, apa yang terjadi jika tidak mengadakan pentas kesenian kethoprak?

" Mungkin lebih lanjutnya nanti sama mbah kamituo. Namun saja dari sepengetahuan saya,mudah mudahan tidak terjadi apa-apa."dan semoga aman aman. Ujarnya

Lalu, dari hasil bumi dan lainnya yang ada di wilayah kelurahan kunduran sini,kita sama memohon kepada Allah Swt untuk warga sinj dalam keadaan baik baik saja,. Karena dulu waktu pandemi covid-19 juga tidak mengadakan penthas senj, tetapi, dari tokoh agama dan tokoh masyarakat penthasnya di syarat i dengan gamelan. 

"Dengan anehnya, saat itu, diganti dengan pengajian, malah terjadi peristiwa rumah warga ambruk, entah apa yang menyebabkan, sehingga dari semua warga kelurahan Kunduran tetap waspada", Pungkasnya.

(Bambang)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html