Agus Sutisna Anggota DPRD Jepara Hadiri Kirab Budaya Sedekah Bumi Desa Kecapi

JEPARA - Anggota DPRD Jepara dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Agus Sutisna menghadiri dan mengikuti pawai kirab budaya dalam rangkaian acara sedekah bumi Desa Kecapi Kecamatan Tahunan, Jepara, Selasa (20/6/2023). Sedekah bumi dalam rangka bersih desa atau nyadran ini, diadakan sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rezeki berupa segala bentuk hasil bumi.


Kirab budaya diikuti oleh seluruh masyarakat di Desa Kecapi. Mulai dari Ketua RW, RT, Ketua dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Paguyuban Pijet Profesional Jepara (P3J), Masyarakat Adat Nusantara (MATRA)DPD Jepara. Kader PKK, Tokoh Masyarakat (Tomas), Tokoh Agama (Toga), dan Pemuda Karang Taruna Desa Kecapi.


Kehadiran Agus Sutisna, yang merupakan anggota DPRD Jepara dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), tampil dengan penuh semangat mengenakan pakaian adat Jepara lengkap dengan aksesorisnya. disambut baik oleh meriah oleh masyarakat Desa Kecapi, dan menyatu dengan para peserta arak arakan pawai sedekah bumi yang berpakaian kostum adat.

Agus Sutisna mengungkapkan kebanggaannya bisa turut serta dalam acara ini. Ia menyatakan bahwa memahami dan menghargai budaya lokal adalah kewajiban bagi setiap anggota masyarakat, terutama mereka yang memiliki peran dalam pemerintahan.

“Saya merasa terhormat bisa bergabung dalam kirab budaya Sedekah Bumi Desa Kecapi ini. Sebagai wakil rakyat, saya percaya bahwa menjaga kearifan lokal dan melestarikannya adalah hal yang sangat penting. Budaya kita adalah identitas kita, dan dengan mempertahankannya, kita juga menjaga jati diri kita sebagai masyarakat Jepara,” ujar Agus Sutisna.

Kirab budaya Sedekah Bumi Desa Kecapi dimulai dari kediaman Kepala Desa Kecapi Sukambali dan berakhir di Balai desa, Selama perjalanan, warga dan peserta kirab mengibarkan bendera merah putih, membunyikan gamelan, dan menampilkan tarian tradisional yang memukau serta membawa Gunungan berupa hasil bumi.

Ditemui awak media diruang kantor desa, Kepala Desa Kecapi Sukambali mengatakan, “Alhamdulillah acara Sedekah bumi desa Kecapi berjalan lancar, guyub dan sukses. Sedekah ini kami laksanakan secara rutin setiap tahun, ” tuturnya.

“Sedekah bumi ini merupakan sebagai wujud syukur kami dan warga desa Kecapi kepada Allah SWT, sekaligus untuk mewujudkan rasa persatuan dan kesatuan serta semangat gotong royong warga,” terang Sukambali.

Kepala Desa Kecapi, Sukambali menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap keikutsertaan Agus Sutisna anggota DPRD dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dalam acara ini. Menurutnya, partisipasi anggota DPRD Jepara dalam kegiatan budaya seperti ini memberikan dorongan positif dan semangat baru bagi masyarakat untuk melestarikan tradisi mereka.

“Atas nama warga masyarakat Desa Kecapi kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak Agus Sutisna. Juga kepada seluruh masyarakat Desa Kecapi. Selalu kompak, guyup, rukun. Semoga kegiatan bersih desa ini membawa manfaat barokah untuk kita semua,”pungkasnya

(Petrus)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html