Progam Pembelajaran Outing Class To Yogyakarta TK Pertiwi Kedungdowo Kudus

YOGYAKARTA -., Untuk mewujudkan siswa merdeka belajar sesuai dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara, maka pembelajaran disekolah haruslah menyenangkan, berpusat kepada murid, dan menimbulkan rasa bahagia.


Pembelajaran yang selalu dilaksanakan didalam ruangan kelas di rasakan sangat monoton sehingga murid merasa bosan dan mendambakan suasana belajar baru yang lebih menantang.


TK Pertiwi Kedungdowo pada kegiatan Outing Class kali ini ke Yogyakarta dengan tujuan ke Suraloka Mini Zoo dan Sindu Kusuma Edupark. Sabtu, 27 Mei 2023.


Hj. Siti Maslihatun Kepala TK Pertiwi Kedungdowo mengatakan, Kegiatan ke Suraloka zoo dan Sindu Kusuma Edupark (SKE) merupakan kegiatan rekreasi yang bertujuan untuk mengenalkan beberapa obyek wisata hewan dan Waterboom.


"Kegiatan para siswa terhadap obyek wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), selain itu para siswa diberi wawasan dan pengetahuan mengenai berbagai macam hewan.


Lebih lanjut Siti Maslihatun menambahkan, para siswa berangkat tadi pagi jam 05.00 WIB menggunakan 5 bus dengan masing-masing anak didampingi orang tua atau wali siswa. Hal ini demi untuk kenyamanan dan keamanan siswa.


"Jumlah orang tua atau wali, dan siswa-siswi TK Pertiwi Kedungdowo yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 250", imbuhnya.


Keseruan petulangan siswa tampak terlihat dari wajah mereka pada saat berjalan dari area parkir sampai lokasi atau area.


"Terlihat mereka dilokasi Suraloka zoo melihat berbagai satwa, permainan dan drama triatikal sejarah Suraloka (sabtu-ahad) sedang di Sindu Kusuma Edupark (SKE), mereka tampak menikmati wahana Waterboom, permainan dan fasilitas yang menunjang", terangnya.


Untuk kegiatan rekreasi ke Yogyakarta kali ini mengambil tema "Pulang Heiling Wajah Jadi Glowing".


"Semoga dengan adanya kegiatan pendidikan alam kali ini, bisa menambah anak jadi bisa lebih giat dan semangat untuk belajar", pungkasnya.


Sementara itu, Aulia Cantika Sari dan Hafiza Rahma Al-imran yang mengikuti kegiatan tersebut mereka berdua sangat senang dengan kegiatan ini.


"Kami senang dalam kegiatan rekreasi ke Yogyakarta, karena bisa lihat berbagai macam hewan, semoga kegiatan ini sering diadakan oleh TK Pertiwi Kedungdowo", ujarnya.


Sementara itu, petugas Ditha Wisata Widiyanto yang mewakil rombongan di bus 5 mengatakan, tempat wisata yang diresmikan pada tanggal 25 Desember 2020 ini menyajikan mini zoo yang dikemas secara modern. Sebelumnya di Jogja sendiri sudah ada kebun binatang yang cukup terkenal yaitu gembira loka zoo. Ada juga wisata sejenis dengan mini zoo ada Bhumi Merapi dan Exotarium.


Di Suraloka Zoo pengunjung bisa melihat berbagai jenis hewan seperti kuda, iguana, domba, bebek, kalkun, burung unta, monyet ekor panjang, dan masih banyak lainnya. 


Suraloka zoo juga termasuk wisata edukasi karena fasiltas yang disediakan dapat melatih kecerdasan naturalis anak. Lokasi wisata ini berada di Jl. Boyong No.97, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55585, Indonesia.


Jam buka di Suraloka buka setiap hari dan buka pukul 09.00 – 17.00 WIB.


Kegiatan yang bisa dilakukan di Suraloka Zoo Memberi makan binatang. Disini pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan beberapa hewan, misalnya dengan memberi makan. 


Kegiatan ini akan meningkatkan minat dan kecintaan anak-anak terhadap binatang. Pengunjung bisa mendapatkan makanan untuk hewan seharga Rp. 5000 saja di Suraloka Zoo. 


Naik kuda. Selain memberi makan hewan yang ada disini pengunjung juga bisa mencoba naik kuda yang didampingin oleh pengelola.


Disini terdapat area yang berisi burung-burung rapuh yang sedang di rawat. Pengunjung juga bisa melihat burung hantu yang langka di Indonesia. Selain itu Suraloka Zoo juga berisi berbagai macam primata, seperti monyet ekor panjang, monyet berbulu, dan orang utan.

(Luq)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html