Pembuatan Kolase Berbahan Limbah Mebel Jepara, Kembali Pecahkan Rekor MURI

JEPARA - Kabupaten Jepara kembali catatkan Rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Kali ini pemecahan rekor pembuatan kolase dari bahan limbah mebel oleh anak dan orang tua terbanyak dengan media koran. 


Festival Kolase Orang Tua dan Anak ini, digelar di Pantai Kartini Jepara, Rabu 24 Mei 2023 pagi. Tercatat sebanyak 8.910 anak TK RA di Kabupaten Jepara mengikuti kegiatan lomba kolase gambar R.A Kartini dengan menggunakan bahan limbah kayu (gergaji). Kegiatan dibuka Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta. Hadir Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Pelaksana Tugas Asisten II Sekda Jepara Ary Bachtiar, Kepala Disparbud Zamroni Lestiaza, dan Kepala Diskominfo Arif Darmawan.  


Piagam MURI diberikan kepada Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta kemudian diserahkan kepada Direktur Jawa Pos Radar Kudus Baehaqi dan Ketua PD IGRA Jepara Siti Muzari'ah selaku pemrakarsa dan penyelenggara. Kemudian tambahan piagam MURI juga diberikan kepada Kepala Kemenag Jepara Muh Habib. 


Perwakilan MURI Sri Widiyati mengatakan kegiatan pembuatan kolase dari bahan limbah mebel oleh anak dan orang tua telah tercatat dalam MURI yaitu sebanyak 8.910 anak TK bersama dengan orang tuanya.  


“Kegiatan pagi ini telah resmi tercatat dalam sebagai rekor ke 10.962 MURI. Untuk itu, kami anugrahkan piagam kepada pemrakarsa dan penyelanggara di Kabupaten Jepara,” ungkapnya. 


Ketua PD IGRA Jepara Siti Muzariah mengatakan, kegiatan ini diikuti sebanyak 14 pimpinan cabang IGRA di Jepara. Kegiatan ini sekaligus menyambut penerapan kurikulum Merdeka bagi siswa TK. Di mana Guru dituntut punya ide, gagasan dan kreativitas untuk memanfaatkan kearifan lokal. 


“Tahun lalu kami memecahkan rekor MURI kategori mewarnai gambar media koran sebanyak 10 ribu lebih peserta, kali ini dengan pembuatan kolase limbah mebel” katanya. 


Direktur Jawa Pos Radar Kudus Baehaqi mengatakan, lomba ini sekaligus memperkenalkan anak kepada tokoh R.A Kartini yang menjadi latar belakang kolase yang mereka buat. Tentu saja, ini akan memperkuat spirit Jepara sebagai kota kelahiran R.A Kartini. 


Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta memberikan apresiasi penyelenggaran pemecahan rekor MURI kali ini. Ini sekaligus membangun kreativitas anak, imajinasi, serta kedekatan dengan orang tua. Edy berharap, pemecahan rekor MURI ini juga menginspirasi untuk memecahkan rekor-rekor selanjutnya di Kabupaten Jepara. 


“Semoga bisa menjadi inspirasi untuk pemecahan rekor MURI selanjutnya di Jepara,” kata dia. (Petrus).

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html