Guna Dukung Ketahanan Pangan, Desa Karanganyar Garap Jalan dan Talud

BLORA- peningkatan jalan menjadi salah satu fokus pembangunan Pemerintah Desa Karanganyar Kecamatan Bogorejo, Kabupaten Blora.Pada tahap pertama pembangunan tahun ini, ada sejumlah jalan yang dibangun. Salah satunya di jalan untama menuju desa Karanganyar.


Program ketahanan pangan dan pembangunan infrastruktur di Desa Karanganyar berjalan beriringan. Pemerintah desa telah membangun talut dan jalan, sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap program ketahanan pangan.

Kini, jalan yang berada di antara lahan pertanian semakin kokoh. Ditinggikan dan dilengkapi dengan tembok penahan tanah (TPT) di sisi kanan dan kiri. Sementara badan jalan paping. Pembangunannya hampir mencapai 100 persen. Hanya tersisa beberapa meter.

Berbeda dengan sebelumnya, jalan ini kondisinya sangat mengkhawatirkan. Selain aspal yang mengelupas dan berlubang, jalannya juga sempit. Kondisi ini sering dikeluhkan warga. Sebab, aksesnya menuju lahan pertanian dan perkampungan warga tak layak.

“Alhamdulillah, tahun ini bisa kami bangun. Pembangunan jalan ini juga atas permintaan warga. Dulu kendaraan tidak bisa masuk. Sekarang kendaraan roda empat bisa aman dan nyaman melintas di jalan tersebut. Selain ke jalan raya, jalan ini merupakan akses utama menuju Desa Karanganyar,” ujar Kepala Desa Karanganyar Tompo.

Selain untuk mendukung program ketahanan pangan, kata Tompo, pembangunan jalan ini juga untuk mendukung keamanan dan kenyamanan akses sehari-hari warga. Sebab, ketika musim hujan, jalan ini becek dan licin. “Warga juga harus berhati-hati jika harus melewati jalan tersebut,” katanya.

Sejak setahun terakhir atau sejak kepemimpinan Tompo, pembangunan infrastruktur di Desa Karanganyar dikebut. Hal itu sesuai slogan Bupati Blora,Sesarengan Bangun Blora.

Tercatat, selama satu tahun pertama kepemimpinannya, ada beberapa kegiatan pembangunan yang telah dilaksanakan. Pembangunan itu disesuaikan faktor kebutuhan. Di antaranya, pembangunan jalan paving, irigasi, drainase, pelebaran jalan.

“Pembangunan yang kami laksanakan juga atas permintaan warga. Seperti permintaan petani untuk pembangunan irigasi. Kemudian, ada beberapa kegiatan pembangunan jalan. Salah satunya jalan papingisasi yang menghubungkan dengan desa tetangga dan akses pertanian,” ujar Kepala Desa Karanganyar Tompo.

Pada tahun ketiga pemerintahan, kata Tompo, sejumlah pembangunan juga akan dilanjutkan. Salah satunya meningkatkan kualitas jalan permukiman yang masih berupa tanah dengan pavingisasi. “Fokus kami tahun ini jalan di setiap gang akan dipaving,” katanya.

Kepala Desa Karanganyar ini mengatakan, selain gencar melaksanakan pembangunan infrastruktur desa, pihaknya juga memperhatikan sejumlah sektor lainnya. Seperti pertanian dengan menanam jagung dan padi.

"Kami memfasilitasi petani untuk menanam jagung, mulai dari menyediakan 400 kilogram bibit jagung Nk 212.benih jagung kali ini lebih bagus hasilnya di bandingkan benih jagung sebelumnya"ucap kades Karanganyar.

Tujuan ketahanan pangan:

*Meningkatkan ketersediaan pangan baik dari hasil produksi masyarakat Desa maupun dari lumbung pangan Desa.

*Meningkatkan keterjangkauan pangan bagi warga masyarakat Desa; dan

*Meningkatkan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang, aman, higienis, bermutu, tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat, serta berbasis pada potensi sumber daya lokal.


(LISWANTO)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html