Bupati Grobogan Bersama Tim KKDN Kunjungi Gudang Bulog 104 Depok Toroh Guna Melihat Kondisi Stok Beras

GROBOGAN- Guna memastikan stok beras aman, Bupati Grobogan Hj. Sri Sumarni SH MM mendatangi gudang Bulog 104 Depok Toroh. Selas (30/5) 2023).


Bupati Grobogan bersama Tim KKDN melihat langsung kondisi stok beras yang ada di gudang Bulog 104 Depok. 

Meskipun kondisi beras di Bulog, gambarannya sempat menipis pemkab Grobogan tetap berupaya mengupayakan kebutuhan beras masyarakat Grobogan sampai bulan Desember tercukupi. 

Adanya program bantuan beras 1.714 Ton yang langsung disalurkan ke masyarakat itu menjadikan salah satu stok beras di Gudang Bulog 104 Purwodadi menipis.

Beras itu didistribusikan ke warga, namun demikian hal itu tak masalah. Sebab pihak Bulog sudah mengantisipasi. Di antaranya bila ada kekurangan akan diambilkan dari gudang Bulog wilayah lain.


“Mudah-mudahan bulog bisa komunikasi dengan pemkab untuk mengamankan stok beras di Grobogan,” Jelas Sri Sumarni.

Hal sama juga disampaikan oleh Kepala gudang Bulog 104 Purwodadi, Ilham Noviandono bahwa terbatasnya stok saat ini lantaran waktu serapan mepet. Karena ketentuan harga pembelian pemerintah (HPP) baru saja diumumkan. Selain mepet, HPP juga tinggi mencapai Rp 9.950 per kilogram.

“Meski demikian Kami menjamin keamanan stok beras yang ada. Apabila terjadi kekurangan, nanti bisa mengambil dari gudang bulog lainnya. Selain itu, bulan depan kami sudah melakukan penyerapan,” jelasnya.

Ilham menambahkan, stok beras dari bulan Maret hingga saat ini yakni 1.890 ton. Stok tersebut digunakan untuk bantuan sebanyak 1.714 ton.


Menipisnya cadangan di gudang Bulog itu lantaran pemerintah Kabupaten Grobogan bersama Perum Bulog Gudang Depok Grobogan menggelontorkan beras 1.714,79 ton dalam rangka penyaluran cadangan pangan pemerintah (CPP). Pendistribusian itu sesuai surat Bapanas nomor 82/TS.03.03/K/3/2023 tanggal 24 Maret 2023.

Beras 1.714,79 ton itu didistribusikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sejumlah 171.479 KK. Kegiatan itu akan berlangsung tiga bulan mendatang.

"Sehingga stok saat ini 190 ton di gudang bulog dan masih dalam posisi aman. Karena dibantu dengan buffer stok gudang lain dan Selindo. Jika kurang, bisa ambil dari Jawa Timur,” paparnya. 

(Imam)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html