Perjuangkan Nasib Petani,Bibi Hastuti Anggota DPRD Blora Bantu Alsintan untuk Petani

BLORA- Sejumlah terobosan terus dilakukan Anggota DPRD Blora Dapil 3 Bibi Hastuti agar pertanian semakin maju. Salah satunya yakni dengan memberikan fasilitas bagi para petani agar hasil panennya meningkat.


Oleh sebab itu, Dinas Pertanian Kabupaten bekerjasama dengan DPRD Kab.Blora memberikan bantuan alat pertanian berupa Traktor. Pembagian tersebut dilakukan dihalaman Kantor Pertanian,Senin,(3/3/2023).

Alat pertanian yang diberikan adalah hand traktor sebanyak 13 unit.Adapun anggaran bantuan ini berasal dari dana aspirasi DPRD Blora.

Anggota DPRD Blora Fraksi PDIP dari Dapil 3 Bibi Hastuti mengatakan, pihaknya telah melakukan penyerahan secara simbolis sebanyak 13 traktor kepada kelompok tani.

“Hari ini ada 13 traktor kami berikan kepada kelompok tani 6 unit di kecamat Jati dan 7 unit di kecamatan Randublatung, kata Mbak Bibi, sapaan akrab politisi PDIP dari Dapil 3 ini.

Ia mengatakan, dengan bantuan alsintan petani Kab.Blora bisa lebih mudah dan maksimal dalam menggarap lahan pertanian. Dengan penggunaan peralatan yang modern, pengeluaran pengolahan lahan hingga waktu bisa ditekan seminimal mungkin.

Dengan alat ini bisa memudahkan para petani untuk menggarap lahan pertaniannya,” ujarnya.

Politisi PDIP ini mengaku, pihaknya saat ini tengah melakukan kajian berkaitan dengan program lanjutan dari program besar modernisasi pertanian. Salah satunya yang terus dibahas adalah perumusan kebijakan pemerintah dalam hal pasca produksi para petani. Ia menyebut, pemerintah harus lebih optimal dalam melindungi para petani, terutama saat pasca panen. Seringkali di lapangan, pihaknya mendapatkan keluhan dari petani yang mengalami jatuhnya harga di pasaran.

“Para petani ini harus menghadapi kenyataan beli benih dan pupuk mahal, tapi saat panen harganya murah. Ini yang membuat petani-petani kita tidak sejahtera. Mereka adalah pahlawan pangan yang harus mendapat apresiasi serta imbal balik yang sepadan,” ungkap Bibi.

Sebagaimana diketahui, lahan pertanian di Blora sendiri sangat luas jika dibandingkan dengan kabupaten atau kota lain di Jawa Tengah.

“Mimpi kita adalah Blora bisa menjadi lumbung padi Jawa Tengah dengan kualitas padi yang baik,” tutup dia.

Sementara itu Supriyadi ketua kelompok tani Sido Makmur Desa Bekutuk mengucapkan banyak terima kasih kepada mbak Bibi yang sudah membantu para petani.

"Terimakasih Bu Bibi atas bantuan traktornya semoga selalu berpihak pada rakyat kecil terutama petani"ucap Supriyadi.

(LISWANTO)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html