Operasi Ketupat Candi 14 Hari pada 18 April - 2 Mei 2023

PATI- Polresta Pati  giat Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2023. Operasi akan dilakukan serempak selama 14 hari. Bertempat di halaman Mapolresta Pati. Kegiatan dilaksanakan dengan diikuti oleh Kapolresta Pati, pejabat utama, jajaran Polsek Polresta beserta tamu undangan. Upacara dipimpin oleh Pj Bupati Pati.


Selain Pj Bupati Pati, hadir pula Forkopimda, Kasat Pol PP, Kadishub, Kadinkes, PN, ketua DPRD, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Agama, dan perwakilan Instansi terkait.


Bertindak sebagai pimpinan upacara PJ Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, selaku pimpinan dalam amanatnya menyampaikan amanat dari Kapolri yang intinya ditujukan ke berbagai lapisan Petugas melakukan manajemen pengamanan yang terorganisir, bersinergi dengan semua lapisan termasuk stakeholder terkait.


"Perayaan idul fitri sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga serta sahabat, pengamanan mudik tahun lalu yang nyaman dan mendapat apresiasi dari masyarakat harus terus dikembangkan,"  kata PJ Bupati


Lebih lanjut dalam amanatnya disampaikan, "Pergerakan mudik tahun ini lebih besar dibanding tahun lalu maka pengamanan harus lebih dioptimalkan lagi, operasi ketupat candi akan dilaksanakan selama 14 hari, mulai tanggal 18 April 2023 hingga 2 mei 2023".  "Sediakan rest area patroli dan menyatakan konfidensi dengan pendukung seperti mobil ambulans khusus jalur Arteri atau non tol. Daerah rawan gangguan Kamtibmas tempatkan personel pada titik-titik tersebut melakukan Turjawali (Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, dan Patroli) dan terapkan rekayasa lalu lintas lokal, pemberlakuan ganjil-genap one way  serta penyiapan jalur alternatif".


Lanjutnya lagi, kemudian terkait penyeberangan laut pada tahun lalu terjadi kepadatan pada jalur menuju pelabuhan karena terdapat 44% masyarakat mengandalkan tiket Oleh sebab itu pastikan  kendaraan penumpang baik kendaraan roda dua roda empat sesuai dengan pelabuhan yang telah ditentukan di dalam SKB stakeholder terkait untuk mengatur pembelian tiket secara online mengoperasionalkan Pelabuhan alternatif dan memperbaiki akses serta fasilitas jalan menuju pelabuhan dan melakukan sosialisasi pengaturan tersebut kepada masyarakat.


Selanjutnya perlu saya tekankan terkait permasalahan Lakalantas optimalkan langkah-langkah preventif tempatkan personel melengkapi rambu pada titik-titik rawan kecelakaan itu tindakan masyarakat untuk memastikan kelayakan kendaraan sebelum digunakan penguatan edukasi tertib berlalu lintas. Memastikan kondisi kesehatan dan segera penguatan komunikasi publik pastikan informasi, bukan hanya sosialisasi namun pasang juga  iklan layanan masyarakat pada media masyarakat, sehingga masyarakat mendapatkan informasi secara berkala dan dapat merencanakan perjalanan dengan baik.


Tingkatkan pula himbauan kepada masyarakat agar memilih waktu perjalanan pada siang hari, karena kepadatan volume kendaraan tersebut penting, mengingat tahun lalu pemudik cenderung melakukan perjalanan pada malam hari khususnya pada jalur penyebrangan. Sebab itu siapkan Satgas untuk pengamanan dan pengawalan di sepanjang jalur Sumatera maupun Jawa pada siang maupun malam hari terutama pada jalur Sumatera setelah Bakauheni, sehingga masyarakat merasa aman dalam rangka mengurangi kepadatan volume kendaraan di jalan.


Pemerintah melalui sektor terkait menyelenggarakan program  mudik dan balik gratis Polri presisi tahun 2023 ditargetkan mampu menampung 20.000 orang menggunakan 549 rute dari Jakarta menuju Jateng, Jatim dan pada tanggal 18 sampai dengan 19 April 2023.


Apel berlangsung kidmat, penyematam pita dawali oleh Pj Bupati kepada petugas, sebagai pertanda bahwa Operasi Ketupat Candi resmi diberlakukan.


Apel gelar pasukan diakhiri dengan pemeriksaan kelengkapan Sarpras pendukung Operasi Ketupat Candi 2022, berupa kendaraan AWC, Public Address hingga pemeriksaan perangkat lainnya.

/Mury.

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html