Keluarga Besar Jenang Mubarok Kudus Mengucapkan Selamat Memperingati Malam Nuzulul Qur'an 1444 H

 KUDUS - Pertapakendeng.com., Salah satu peristiwa istimewa dalam bulan Ramadhan adalah turunnya Al-Qur'an atau yang disebut Nuzulul Qur'an. Peristiwa pertama kali diturunkannya wahyu Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.


Nuzulul Qur'an merupakan waktu dimana Al-Qur'an pertama kali diturunkan, ntah dari Lauhulmahfudz ke Baitul Izzah, atau dari Baitul Izzah kedunia. Masyarakat Indonesia umumnya memperingati setiap tanggal 17 Ramadhan, dan seringnya dimalam hari setelah shalat tarawih.

H. Muhammad Hilmy Direktur Utama (Dirut) Mubarokfood Cipta Delicia mengatakan, Kami atasnama keluarga besar Jenang Kudus Mubarok mengucapkan "Selamat Memperingati malam Nuzul Qur'an pada malam hari ini, Jum'at malam Sabtu, 17 Ramdhan 1444 H atau bertepatan dengan tanggal 7 April 2023 M.

"Umat muslim diseluruh Indonesia pada malam hari ini, memperingati malam Nuzul Qur'an atau malam turunnya wahyu Al-Qur'an dengan suka cita dan meriah", katanya.

Lebih lanjut Hilmy menambahkan, bahwa Peristiwa Nuzulul Qur'an terjadi digua Hiro (Makkah) pada malam ke-17 Ramadhan. Pada malam tersebut diturunkannya wahyu Allah SWT surat Al-Alaq ayar 1-5 kepada Nabi Muhammad SAW.

"Secara umum kita mengetahui bahwa Al-Qur’an turun pada malam Lailatul Qadar yang jatuh pada sepertiga malam yang terakhir bulan Ramadhan, malam spesial penuh keberkahan dan lebih baik dari seribu bulan, Umumnya juga Lailatul Qadar terjadi di sepuluh akhir bulan Ramadhan. Akan tetapi, umat muslim sering memperingatinya pada malam 17 Ramadhan, Allah SWT berfirman ;

   إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ. وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ. لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ. تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ. سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ 

"Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan, tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan, pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar," (QS. Al-Qadr 1-5)", tambah Hilmy.

Mari kita jadikan peringatan Nuzulul Qur'an pada hari ini, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk dan pembeda antara yang benar dan yang bathil.

"Jadikanlah malam ini, sebagai momentum agar umat Islam selalu menjadikan Qur'an sebagai pedoman hidup, mari kita tumbuh kembangnan rasa cinta dalam diri kepada Allah SWT dan juga seluruh ciptaan-Nya", pungkasnya.

(Luq)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html