Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Cek Pasar Kliwon Kudus, Jelang Lebaran Geliat Ekonomi Masyarakat Meningkat

 KUDUS - Pertapakendeng.com., Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mendatangi pasar Kliwon di Kabupaten Kudus. Dalam kesempatan siang tersebut ia mengecek harga bahan pokok (Bapok) seperti beras, cabai, bawang merah, bawang putih minyak, dan cabai jelang lebaran.


Siang itu, Ganjar Pranowo sengaja berkunjung ke Pasar Kliwon untuk memantau geliat ekonomi di pasar Kliwon Kudus. Jum'at 14 April 2023.

Ganjar Pranowo mengatakan, geliat ekonomi di Pasar Kliwon mulai meningkat menjelang lebaran. Meskipun peningkatan tersebut masih belum signifikan.

"Kalau lihat dari harga-harga sih relatif sama, relatif stabil, hal ini menunjukkan geliat ekonominya menjelang lebaran sudah mulai terasa", katanya.

Pasar Kliwon di Kota Kretek ini, merupakan pasar induk. Banyak pedagang dari Pati dan Rembang, yang datang untuk mengambil barang di Pasar Kliwon.

Bahkan, sebagian besar pembeli yang ditemui Ganjar di Pasar Kliwon, membeli barang untuk dijual kembali atau diecerkan.

"Tadi kami lihat di Kudus ini pasarnya dipakai untuk tempat kulakan, sehingga lebih banyak yang belanja bakul-bakul (pedagang), memang di Kudus ini lebih banyak sirkulasi pakaian, distribusinya sampai ke Rembang dan Pati tadi", ungkapnya.

Terkait harga, Ganjar menjelaskan bahwa harganya relatif stabil. Peningkatan belum begitu terasa, meskipun sebentar lagi lebaran.

"Harga relatif stabil, semoga menjelang lebaran Idul Fitri 2023 mudah-mudhan pasokan barangnya juga lancar", Harapnya.

Ganjar Pranowo sebelumnya gencar mengecek harga kebutuhan pokok di pasar-pasar wilayah Jateng menjelang lebaran 1444 H/2023 M. Ganjar ingin memastikan stabilitas harga tetap terwujud sehingga masyarakat bisa berlebaran dengan suka cita dan gembira.

Adapun sejumlah pasar yang sudah dicek Ganjar antara lain; Pasar Johar Kota Semarang, Pasar Celo dan Cepogo di Boyolali, Pasar Legi di Solo, hingga Pasar Srago di Klaten.

Pasar-pasar yang ditinjau langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dirinya belum menemukan kenaikan harga yang signifikan pada sejumlah komoditas Bapok, namun menemukan penurunan harga cabai. Hingga kini, semua harga Bapok terpantau masih relatif stabil dan aman sampai saat ini.

(Luq)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html