Dinas Pertanian Pati Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Pucakwangi Adakan Penyuluhan Tentang Pembuatan Bio Saka

PATI- - Keuntungan bio saka akan membuat padi tetap hijau Bio saka sudah mendapatkan ijin Kementrian Republik.


 Hadi Suwiknyo," selaku narasumber dari desa Bodeh

Awal mula bio saka bahan baku dari rumput di remas remas cara penyemprotannya secara kabut jarak dari yang mau di semprot minimal satu meter di atasnya tandasnya. 

Bio saka bisa mengurangi kisaran 70 persen, bisa mencegah hama, hewan piaraan diberikan dalam Comboran, penyemprotan satu minggu sekali.

Pak Yahman Ppl," Kantor Pertanian memberitaukan bahwa warga Triguno Dk. Ketri pakai Bio saka Praptono namanya", jelasnya. 

Wasidi," perwakilan kelompok tani Desa Tanjungsekar dk Pengilon minta penjelasan dari Ppl tentang bagaimana cara pembuatan bio saka juga tata cara penyemprotanya, jelasnya

Tampak hadir dalam. Peluluhan pembuatan bio saka , penggerak kelompok tani Sido Rukun Triguna 

Sarman sangat antusias sekali mengikuti penyuluhan tersebut dan memberikan ultimatum. Kepada perwakilan kelompok taninya kita sungguh beruntung dengan adanya bio saka ini kenapa, karna bio saka mampu memberikan solusi pengurangan pupuk hingga 70 persen dan kita pun di berikan tata cara pemakaiannya sungguh luar biasa, bahkan warga kita sudah ada yang membuktikanya,di sisi lain harga pupuk di pengecer kian sulit di dapati sesuai lahan kita, di karnakan ada peraturan baru lagi suatu contoh 1448 meter persegi cuma dapat jatah 25 kilo, hal ini sungguh memukul para petani di mana pun berada, masyarakat sangat sedih dengan peratuan ini

Dan merasa sedikit lega setelah Dinas Pertanian Pucakwangi mengundang para perwakilan kelompok tani Desa sekecamatan Pucakwangi, seperti Kelompok Tani Sido Rukun yang langsung di dampingi Sarman Penggerak kelompok tani Sido Rukun ujarnya.


Hadi Suwiknyo, " memberikan contoh kepada para perwakilan dari kelompok tani setelah jadi para perwakilan kelompok tani dengan seksama memperhatikan proses pembuatan bio saka juga

Sembari memberikan keterangan

Monggo ambil rerumputan atau dedaunan yang utuh dan tidak ada cacat lalu ambil air secukupnya, 

Lalu kita pegang tangan kiri bahan tersebut sembari kita tekan dan airnya kita aduk ke arah kiri, setelah berubah airnya dan berbusa juga bahan yang kita pakai sampai tak mengeluarkan selnya lagi tegasnya. 

Pewarta : Lukman

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html