Di Hari ke Lima Pasca Lebaran, Masjid Agung Demak Masih Dibanjiri Pengunjung

DEMAK- Di hari ke 5 (lima) pasca lebaran 1444 H, Rabo, 26/4/2023, Masjid Agung Demak masih dipadati para peyiarah yang datang dari berbagai penjuru kota. Sesampai di Kota Wali, para peziarah biasanya juga menyempatkan diri untuk berkunjung  ke makam Sunan Kali Jaga di Kadilangu Demak.


Tak hanya Masjid Demak, tempat-tempat yang menjadi favorit destinasi wisata religi antara lain adalah makam para leluhur Wali Songo, yakni, Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Gunung Jati, Sunan Bonang, Sunan Drajat, dan diantaranya Raden Mas Sahid atau lebih di kenal dengan nama Sunan Kalijaga di Kadilangu Demak.


Para peziarah ini mengaku, bahwa ziarah sehabis lebaran adalah merupakan agenda rutin tahunan.

Setiap tahun biasanya mereka beserta warga selalu berziarah bersama sama rombongan 45 orang ke makam Sunan Kali Jaga dan di Masjid Agung Demak, dengan menyewa satu Bus. 

Selain rombongan dari Kendal masih banyak rombongan lain yang melakukan wisata religi ke makam-makam para wali. Seperti yang dilakukan oleh rombongan dari Yuwono, yang siang itu, pukul 14.30 wib, mereka juga datang bersama rombongan sekitar 40 an orang.

"Itu bus kami pak, yang parkir di sana itu bus rombongan kami dari Yuwono", ujar Kasmin salah seorang peziarah asal Yuwono, sambil menunjuk armada tumpangannya.

"Saya sangat mengapresiasi kepada takmir masjid Agung Demak, karna perkembangan pembangunan masjid ini sangat cepat sekali, beberapa tahun sebelumnya saya ke sini belum seperti ini, tapi sekarang sudah banyak perubahan", tutur Siswanto, peziarah asal Semarang.

Karna agama Islam merupakan satu satunya agama yang tidak membeda bedakan antara golongan bangsawan dan takyat jelata, karna dalam pandangan Islam semua itu adalah sama-sama hamba Allah dan yang mulia di sisih Allah hanya mereka yang lebih bertaqwa.

( Hars )

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html